Uncategorized

Wisata Danau Suoh

Wisata Danau Suoh

Danau Suoh menjadi kompleks wisata yang mempunyai berbagai macam keunikan alam yang sangat fenomenal dan ikonik. Komplek wisata alam ini yaitu sekelompok danau yang mempunyai karakteristik masing – masing. Tepatnya ada 4 buah danau sekaligus di dalam kompleks wisata alam tersebut.

Lokasi Kompleks Wisata Alam Danau Suoh

Danau ini berada di dsn Kalibata, Sukamarga, Suoh, Lampung Barat. Daerah tersebut mempunyai kondisi alam yang sangat sejuk dan masih sangat alami. Bahkan kondisi jalan menuju ke lokasi masih sangat apa adanya dan masih berupa tanah. Jadi saat musim penghujan, kondisi tanah pun mungkin dipenuhi dengan genangan air dan sedikit berlumpur.

Oleh karena itu waktu tepat dalam mengunjungi kompleks wisata danau pada musim kemarau. Pada musim tersebut kondisi jalan lebih baik daripada musim penghujan. Jika lebih memilih untuk berkunjung di musim penghujan, sebaiknya siapkan budget tambahan untuk sewa ATV. Sebab jalur yang sangat ekstream membuat jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan biasa.

Untuk rute menuju ke arah destinasi wisata Danau Suoh ini terdapat 3 buah. Ketiga rute tersebut yaitu rute Tanggamus, Kota besi Liwa dan sekincau Lampung Barat.

Dari semua rute tersebut rute yang membutuhkan perjalanan paling lama yaitu rute Lampung Barat dan membutuhkan waktu perjalanan hingga mendapat ±7 jam dengan melalui jalan raya. Sedangkan bagi yang melalui rute Tanggamus sebaiknya sangat berhati – hati, karena banyak issue yang menyatakan bahwa daerah tersebut rawan begal. Sementara untuk rute kota besi batu brak menjadi salah satu rute yang cukup recommended dengan akses jalan yang mudan dan cukup baik.

Dalam pemilihan rute sangat bergantung pada arah lokasi. Bila arah lokasi awal diluar rute tersebut, akan membutuhkan waktu perjalanan yang jauh lebih lama. Apalagi arah lokasi awal berada di daerah Metro, perjalanan pun dapat memakan waktu hingga seharian penuh.

baca juga : Danau Way Jepara

Kisah Dibalik Keindahan Danau Suoh Yang Fenomenal

Danau Suoh menjadi salah satu wisata alam yang sangat dibanggakan. Melihat danau ini mempunyai karakter yang sangat fenomenal dan unik. Karakter yang dimiliki danau memang cukup potensial sebagai kekayaan alam dan juga destinasi wisata.

Dibalik kondisi danau yang cukup fenomenal tersebut, tersimpan suatu kisah yang cukup mengerikan. Kisah ini membuat danau suoh menjadi wisata yang cukup ekstream. Terlebih lagi penduduk sekitar danau yang seakan tidak berniat dan turut andil dalam memeriahkan danau tersebut. Sebagian besar pengunjung di danau tersebut bukan merupakan penduduk sekitar danau, tetapi dari daerah lain.

Ada sebuah issue yang menyatakan bahwa Danau Suoh menjadi habitat buaya hal ini merupakan sekedar issue belaka. Namun merupakan suatu fakta yang harus diwaspadai. Telah ada beberapa kasus beberapa penduduk sekitar menjadi santapan buaya saat berenang di Danau Suoh. Peristiwa tersebut terjadi bukan hanya sekali, namun beberapa kali. Dengan peristiwa tersebut, beberapa para penduduk pun telah berhasil menemukan keberadaan dari telur buaya. Beberapa penduduk pun mengambil beberapa telur buaya untuk ditetaskan dan diternak, kemudian dijual.

Daftar Danau Yang Ada Di Kompleks Wisata Danau Suoh

Danau Suoh bukan merupakan sekedar tempat pariwisata biasa, tetapi menjadi kompleks destinasi wisata alam. Di dalam kompleks wisata alam tersebut, terdapat 4 buah danau sekaligus. Masing – masing danau pun mempunyai karakter yang berbeda – beda. Oleh karena itu sangat disayangkan jika berkunjung di kompleks wisata tersebut hanya mengeksplorasi 1 buah danau saja.

baca juga : Way Sumpuk

Berikut ini adalah daftar danau yang ada di Suoh :

  1. Danau Lebar / Danau Suoh

Daftar danau pertama yang ada di kompleks destinasi wisata alam Danau Suoh yaitu Danau Suoh itu sendiri. Danau ini merupakan danau yang paling besar diantara jajaran danau lainnya. Untuk danau ini memiliki nama asli danau lebar, sebab menjadi danau yang paling lebar diantara danau lain.

Tetapi sebagian besar orang lebih mengenal dengan nama Danau Suoh. Hal ini disebabkan karena Danau Lebar menjadi danau yang paling besar dan seakan menjadi danau utama. Danau Lebar mempunyai luas sebesar ±65 hektar. Kondisi air di danau sangat jernih dan di bagian tengah terdapat sebuah pulau kecil yang bernama pulau lebar. Pulau Lebar tersebut dipenuhi dengan pepohonan yang tumbuh dengan subur dan rindang.

  1. Danau Asam

Danau yang kedua yaitu Danau Asam. Karakter dari danau ini yaitu mempunyai kondisi air yang cukup masam. Belum diadakan suatu penelitian akan kandungan dari danau asam yang membuat kondisi air menjadi asam.

Hal yang menarik dari Danau Asam ini bukan hanya Danau Asam itu sendiri, namun juga spot pasir kuningnya. Tepat di tepi danau terdapat spot area pasir yang berwarna kuning. Ada 2 cara dalam akses menuju ke arah spot pasir kuning. Akses pertama yaitu dengan melalui jalur darat dengan menyelusuri sepanjang padang savana. Sedangkan untuk akses yang kedua dengan melewati jalur air dengan menyeberangi Danau Asam.

  1. Danau Minyak

Untuk danau yang ketiga yaitu Danau Minyak. Danau ini tidak begitu luas dan hanya sekitar ±15 hektare. Dari semua danau yang ada, Danau Minyak ini menjadi satu – satunya danau di kompleks wisata alam Suoh yang terlihat cukup menjijikan. Sebab terlihat dengan cukup jelas pada kondisi air di permukaan yang dipenuhi dengan minyak. Massa minyak dan massa air lebih besar massa air. Sehingga minyak yang diletakkan di atas air akan mengambang / muncul di permukaan.

Karena terlihat cukup menjijikan dengan dipenuhi dengan minyak, tetapi Danau Minyak ini mempunyai view yang cukup apik. Walau demikian, keberadaan minyak tidak selalu membuat kondisi danau minyak terlihat seperti tempat pembuangan limbah minyak.

Pada sewaktu – waktu minyak memantulkan cahaya yang berwarna. Hal tersebut membuat kondisi danau minyak cukup colorfull. Dengan fenomena ini membuat kesan minyak minyak di danau minyak menjadi cukup istimewa. Hasil warna yang dihasilkan tidak menentu dan bergantung pada kondisi cahaya.

Dari semua warna yang dipantulkan, ada sebuah warna yang sangat fenomenal dari danau minyak ini. Warna itu adalah warna merah. Saat danau memantulkan warna merah, sering kali disertai dengan semburan gas alam. Air danau pun seakan seperti mendidih. Dari fenomena ini membuat danau minyak disebut juga dengan kawah merah.

Selain mempunyai kesan yang colorfull, ada hal menarik lain dari danau minyak ini. Tepi danau minyak ini dipenuhi dengan ilalang. View tersebut membuat kondisi danau cukup apik.

  1. Danau Belibis

Khusus untuk Danau Belibis ini menjadi danau yang paling mempes di kompleks destinasi wisata alam Suoh. Karena di danau ini dipenuhi dengan burung belibis. Hal tersebut menjadi landscape yang sangat apik dan menawan. Di dalam danau pun dipenuhi dengan sekitar ratusan ikan. Maka dari itu danau belibis dimanfaatkan oleh burung belibis untuk mencari makan.