Uncategorized

Tor Simago-Mago

Tor Simago-Mago

Tapanuli Selatan adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara. Tidak kalah dengan Medan dan Toba Samosir, di sana juga banyak objek wisata yang indah dan mengagumkan. Bahkan tidak ada di tempat lain. Sayangnya, destinasi yang mereka tawarkan masih sepi dari pengunjung. Seperti dua panorama di bawah ini!

Siapa bilang Sumatera hanya memiliki danau toba? di Tapanuli Selatan terdapat danau lain yang tidak kalah unik. Objek wisata alam ini bernama Danau Siais yang memiliki luas 4500 hektar. Terletak di desa Raniate atau sekitar 47 km dari kota Batangtoru, Sias memiliki air bening dan menyegarkan. Disudut lain, ada air terjun yang mengalir dari ketinggian kurang lebih 200 m yang dikelilingi hutan berudara sejuk. Objek wisata ini pun makin menarik dengan adanya ikan keramat yang dikenal dengan nama ikan Jurug. Konon, ikan ini merupakan peliharaan Syeih yang sakti sehingga ada larangan untuk memakannya.

baca juga : Air Terjun Nabobar

Selain danau, Tapanuli Selatan juga memiliki perbukitan yang tidak kalah indah dengan pegunungan di Jawa Tengah. Nah, dari bukit tersebut ada di antaranya yang menarik perhatian karena pesonanya. Salah satunya Tor Simago-mago, wisata alam yang menyajikan pemandangan kota Sipirok dari atas. Sebagian besar dari wisatawan yang berkunjung ke sana ingin menghilangkan penat di perkotaan atau urusan pekerjaan. Tidak jauh dari pusat kota, bukit ini hanya berjarak 32 km dari kota Padang Sidempuan. Nah, untuk bisa mencapai puncak, pengunjung harus melakukan tracking terlebih dahulu sejauh 1,5 km. Melelahkan sih, tapi dijamin puas!

Nah, jika kamu berasal dari luar Jawa, lebih baik untuk bermalam di ibukota Tapanuli Selatan, Sipirok. Dari penginapan murah hingga hotel mahal lengkap tersedia di kota ini. Salah satunya akomodasi yang cukup rekomended adalah Hotel Tor Siboshi yang terletak di Mandurana, Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Selain nyaman, Tor Siboshi cukup strategis untuk berkunjung Tor Simago-mago. Sedangkan untuk ke Danau Siais, pengunjung hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk sampai tujuan. lumayan kan?

baca juga : Air Terjun Pulau Mursala

Liburan ke Tapanuli Selatan, kurang lengkap jika tidak berburu kuliner. Salah satu makanan khas Siprok yang wajib dicicipi adalah Ikan Mas Sinyar-nyar yang banyak dijual di rumah makan di pusat kota. Salah satunya adalah RM. Ikan Mas Sinyar-nyar. Sajian kuliner satu ini berbeda karena memiliki cita rasa yang tinggi. Bumbu khasnya yang berminyak keemasan dengan bintik-bintik kehijauan sinyar-nyar terlihat menggoda. Sekali mencoba, dijamin bakal ketagihan. Kurang apalagi Tapanuli Selatan untuk traveler? objek wisata berlimpah, penginapan banyak, apalagi masalah kuliner. Nah, kapan nih mampirĀ  ke kabupaten di Sumatera Utara ini.