Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Keliling Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Keliling Indonesia,  Wisata Nusantara

Tlatar Boyolali

Tlatar Boyolali

Tlatar Boyolali merupakan tempat wisata paling populer di Boyolali. Terdapat berbagai fasilitas serta kenyamanan bagi pengunjung. Selain tempatnya yang menyenangkan bagi liburan anak-anak, di tlatar mereka juga akan mendapatkan berbagai macam pengetahuan lingkungan hidup dan ilmu-ilmu lainnya.

Lokasi Taman Air tersebut dibangun sekitar pada tahun 1997. Taman Air ini dibangun dengan tujuan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah disekitar area wisata tersebut. Dengan memiliki konsep pelestarian sumber daya air yang ada.

Sumber air di Umbul Tlatar yang tak pernah berhenti mengalir kemudian dimanfaatkan sebagai objek wisata yang sangat menyenangkan karena suasana sejuk khas pegunungan yang terasa sangat nyaman.

Umbul Tlatar berada di kaki Gunung Merbabu, dengan ketinggian lokasi sekitar 350 meter di atas permukaan laut. Ini memebuat udara sejuk dan segar. Apalagi banyak pepohonan di sekeliling lokasi. Selain udara yang sejuk karena banyak pepohonan, taman-taman di Umbul Tlatar sangat indah karena dilengkapi aneka kolam air dengan bebatuan alam.

baca juga : Taman Kunang Kunang

Kolam Renang Standar Nasional

Kolam renang dewasa di Taktar Boyolali, benar-benar berstandar nasional. Sesuai dengan ukuran dan satuan standar,  yaitu 50x25x2 meter. Dan yang tidak kalah penting, Air kolamnya juga segar tanpa kaporit.

Renang di sini rasanya segar, mata pun tidak merah walaupun tanpa mengenakan kacamata. Di bagian timur dan barat Kolam, terdapat semacam tribun mini terbuat dari keramik yang berudak dan atap berbahan polycarbonate. Kamar ganti dan mandi syariah pria dan wanita terdapat di sebelah utara.

Kolam renang di Tlatar ini hanya ramai di pinggir saja. 95% pengunjung hanya keceh di pinggir kolam di kedalaman 1.4 meter atau kedinginan berjemur di tepi kolam. Sedangkan kedalaman 1.9 meter suasananya lengang. Dengan komposisi pengunjung seperti itu, walau suasana sedang ramai, perenang s erius tetap bisa nyaman. Mereka bisa leluasa di tengah kolam yang berbentuk “V” ini.

baca juga : Mangrove Brebes

Wisata Air Untuk Anak

Masih dalam satu kawasan Kolam Standar Nasional, juga terdapat kolam yang lebih kecil dan lebih cetek untuk anak-anak bermain dan keceh. Kolam dengan ukuran 10 x 10 meter ini terdapat  2 buah perosotan kecil yang sepertinya panas kalau tidak diguyur air terlebih dahulu.

Selain kolam, untuk anak jug aada wahana Pakecehan. Dalam bahasa Jawa, Pakecehan berarti tempat bermain air dalam bahasa jawa. Wahana ini layaknya sungai dengan habitat ali berupa udang, kepiting kali, serangga air, ikan wader, sumpil, keong dan lain-lain.