Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Keliling Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Keliling Indonesia,  Wisata Nusantara

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Belum kesampaian pergi ke Jepang untuk lihat bunga sakura? Jangan bersedih dulu. Kamu masih bisa kok menikmati kecantikan bunga berwarna pink pucat ini di Indonesia, tepatnya di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Meskipun gak bisa mekar sempurna seperti di negara asalnya, bunga sakura yang tumbuh subur di Kebun Raya Cibodas ini tetap layak kamu lihat langsung. Hitung-hitung sebagai pemanasan sebelum kamu benar-benar terbang ke Jepang.

baca juga : Taman Safari

kebun raya yang didirikan oleh Johannes Ellias Teijsmann pada tahun 1852 ini terdapat sebuah taman tematik bernama Sakura Garden alias Taman Sakura yang, tentu saja, dipenuhi oleh tanaman sakura. Cuma, Anda harus datang pada saat yang tepat ke taman ini jika memang ingin menikmati bagaimana indahnya sakura bermekaran. Pasalnya, pohon sakura yang termasuk ke dalam familia Rosaceae ini tidak berbunga sepanjang tahun.

Biasanya, tanaman sakura di Kebun Raya Cibodas berbunga antara bulan Januari-Februari dan antara bulan Agustus-September. Di negerinya sendiri, Jepang, sakura hanya berbunga satu kali dalam setahun, yaitu di bulan April, bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru Jepang. Tradisi di Jepang, setiap sakura berbunga, orang-orang Jepang akan menyambutnya dengan penuh suka cita. Mereka melakukan aktivitas yang disebut sebagai hanami, yaitu acara berkumpul bersama keluarga, kerabat dan orang-orang tercinta lainnya untuk menikmati bunga sakura yang bermekaran di taman-taman sembari minum teh dan bernyanyi bersama.

Sakura terdiri dari ratusan jenis. Rentang waktu mekar bunga sakura — dari mulai bunga pertama mekar hingga seluruh bunganya layu — adalah sekitar dua pekan. Di Jepang sendiri pohon sakura yang paling umum adalah jenis Prunus yedoensis.

baca juga : Little Venice Kota Bunga

Adapun pohon sakura yang tumbuh menghuni Taman Sakura Kebun Raya Cibodas adalah jenis Prunus cerasoides. Sebetulnya, jauh sebelum Taman Sakura berdiri, Kebun Raya Cibodas sudah memiliki beberapa koleksi pohon sakura. Hanya, pohon-pohon itu tumbuh menyebar di sejumlah lokasi sehingga keberadaannya tidak terlalu mencolok.

Lokasi Taman Sakura Kebun Raya Cibodas tidak begitu jauh dari pintu masuk. Lokasi persisnya berada di kawasan blok W Kebun Raya Cibodas, di sebuah lembah berumput, tidak jauh dari lokasi air terjun Cibogo. Sebuah sungai kecil berair jernih, berkelok-kelok dan berbatu-batu ikut menghiasi Taman Sakura ini. Di sisi kanan dan sisi kiri sungai kecil itu berjejer pohon sakura. Jarak antara satu pohon dan pohon lainnya sekitar lima meter.

Untuk menuju Kebun Raya Cibodas yang berada di kaki Gunung Gede-Pangrango ini tidaklah sulit. Jika Anda dari arah Bandung, lokasi masuk kawasan Kebun Raya Cibodas berada di sebelah kiri jalan raya Puncak-Cipanas. Persisnya, setelah Pasar Cipanas, Anda akan menjumpai pertigaan Paregrejen. Nah, dari pertigaan ini, lokasi Kebun Raya Cibodas hanya sekitar 5 kilometer lagi ke arah selatan.

Selain Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas memiliki pula beberapa taman tematik lain yaitu Taman Lumut, Taman Kaktus, Taman Mawar, Taman Tumbuhan Obat Tradisional, Taman Paku-pakuan, dan Taman Rhododendron.

Kebun Raya Cibodas sendiri, yang memiliki luas sekitar 135 hektare dan berada di ketinggian antara 1.300 – 1.425 meter di atas permukaan laut, dengan temperatur rata-rata 18 derajat Celcius dan kelembaban 90% serta curah hujan per tahun 3.380 milimeter, kini menjadi sebuah kawasan penting yang menyimpan aneka tanaman dan tumbuhan, baik yang khas asli Indonesia maupun yang dari luar Indonesia, sekaligus menjadi kawasan wisata romantis yang menawarkan ketenangan dan kesejukan alami.