Uncategorized

Taman Pattimura

Taman Pattimura

Thomas Matulessy atau yang biasa kita dengar sebagai Kapitan Pattimura adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Maluku. Ia berasal dari Pulau Seram lahir pada 8 Juni 1783 dari keluarga keturunan bangsawan Pulau Seram di masa itu. Perihal yang paling kita ingat tentang Pattimura adalah perjuangannya melawan penjajahan Belanda yang masuk ke tanah Maluku untuk menguasai perdagangan rempah-rempah. Salah satu pertempuran terbesar yang dipimpinnya adalah ketika rakyat Maluku bersatu untuk merebut Benteng Duurstede dari tangan penjajah Belanda. Pattimura wafat pada tanggal 16 Desember 1817 di umur 34 tahun karena tertangkap Belanda dan dijatuhi hukuman mati di tiang gantungan.

Kapitan Pattimura adalah seorang pemimpin yang berwibawa dan penuh kharisma. Dalam perlawanannya melawan penjajahan Belanda, Pattimura dikenal cerdik dan mampu menghimpun kekuatan besar rakyat Maluku sehingga mempersulit pergerakan Belanda di Maluku. Bahkan, namanya pun disegani oleh para pemimpin VOC kala itu yang harus memutar otak untuk menghadapi perlawanan rakyat Maluku. Tidak heran jika Pattimura sangat piawai dalam pertempuran dan menghimpun pasukan, menurut sejarah ia pernah menjadi tentara berpangkat Sersan dalam kekuatan militer Inggris di tanah Ambon.

baca juga : Taman Makam Persemakmuran

Jasa dan perjuangan Pattimura sangat berdampak bagi kemerdekaan Indonesia yang kita rasakan bersama saat ini. Walaupun sudah ratusan tahun berlalu, namun nama Pattimura tetap dikenal oleh Bangsa Indonesia hingga masa kini. Pemerintah pun menganugerahi gelar Pahlawan Nasional pada Pattimura dengan harapan dapat menjadi teladan positif bagi generasi penerus Bangsa Indonesia.

Tidak hanya sampai disitu, pemerintah lokal kota Ambon pun mengapresiasi perjuangan mulia Pattimura dengan membuat sebuah taman di tengah pusat Kota Ambon dengan patung Pattimura yang gagah berdiri di tengahnya.

baca juga : Nusa Pombo

Taman Pattimura, begitulah taman itu biasa dikenal oleh warga kota Ambon terdapat di samping lapangan merdeka yang menjadi pusat kegiatan kota Ambon. Taman ini berada di sekitar wilayah perkantoran pemerintah Ambon dan menjadi pusat kegiatan warga Ambon khususnya anak-anak muda yang biasa berolahraga di tempat tersebut baik pada pagi hari maupun sore hari. Tempat ini tidak hanya untuk berolahraga, bahkan para wisatawan pun tertarik untuk mendatanginya karena sudah menjadi salah satu obyek wisata.

Warga Ambon khususnya anak-anak muda disana sering memakai taman ini sebagai tempat berkumpul dan beraktifitas. Bermain voli, lari pagi, atau hanya sekedar bersantai si sore yang indah, seringkali menjadi pilihan aktifitas untuk dilakukan di tempat ini. Sore hari memang menjadi waktu yang tepat untuk bersantai di Taman Pattimura ini. Ramainya aktifitas warga kota Ambon menjadi obyek yang menarik untuk dilihat dengan kita berada di tengah-tengah mereka. Taman Pattimura sejenak menjadi sebuah perenungan ketika keberadaanya dapat dijadikan motivasi bagi anak-anak muda Ambon untuk berjuang membangun Bangsa Indonesia. Seharusnya kita semua semakin bangga dengan perjuangan Pattimura dan berusaha mewujudkan perjuangan serupa untuk masa depan Indonesia.