Uncategorized

Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak merupakan salah satu potensi wisata paling menakjubkan di Sulawesi Utara setelah Bunaken. Saat ini, publikasi dan informasi tentang Tumbak di Minahasa Tenggara tidak banyak. Tapi, tahukah Anda bahwa Tumbak memiliki taman laut yang menakjubkan? Keindahannya mirip dengan apa yang mungkin Anda ketahui di Taman Laut Bunaken.

Taman Laut Tumbak secara geografis terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Anda harus melakukan perjalanan selama tiga jam dari kota Manado untuk mencapai desa Tumbak; Sebuah desa yang termasuk dalam wilayah administrasi di Kecamatan Posumaen, Minahasa Tenggara.

baca juga : Pulau Lihaga

Salah satu hal yang menjadi ciri Tumbak dan menjadi berbeda dengan Bunaken adalah pulau-pulau kecil dengan pasir putih. Pemandangannya adalah panorama laut yang mengagumkan yang hanya bisa Anda temui di tempat ini. Air laut jernih dengan air Tumbak biru sangat bagus dan indah. Karena dengan kejernihan airnya, membuat hamparan karang yang indah sangat terlihat dari permukaan.

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai Tumbak, maka pilihan yang paling disukai adalah dengan mengambil akomodasi sewa dan tinggal di sana setidaknya selama 2 hari. Ada sebuah pondok yang bisa Anda sewa, dan itu terletak tepat di atas lautan Tumbak. Anda bisa sampai di pondok dengan menggunakan speedboat dan dibutuhkan sekitar 15 menit dari Desa Tumbak.

baca juga : Pantai Malalayang

Di Tumbak, Anda bisa memilih 20 titik snorkeling dan diving. Ada beberapa spot menarik, seperti Napo Kipas, Bohaga Mangrove, Small Bohaga, MFT 1, MFT2, Taman Karang, dan Pintu Samudra. Menyelam di Tumbak akan membawa Anda ke hamparan panorama karang yang luas, karang keras atau karang lunak. Di sana, Anda bahkan bisa melihat sea fan coral di area seluas 300 m pada kedalaman 3-6 m.

Desa Tumbak adalah sebuah desa nelayan dan ada sebuah penginapan yang berdiri di atas laut bernama Water Cottage. Pondok ini memiliki dua ruangan dan terbuat dari papan. Dengan menghabiskan Rp 350 ribu per malam, Anda berkesempatan menyaksikan sunset yang terbit di sebelah kiri Soputan, sebuah gunung berapi di Minahasa Selatan.