Uncategorized

Taman Hutan Jaya Giri

Taman Hutan Jaya Giri

Taman Hutan Jaya Giri Lembang merupakan sebuah tempat wisata yang betemakan alam hutan yang berlokasi di Lembang Bandung bagian barat, tempat wisata Lembang Bandung ini merupakan sebuah hutan alami yang masih asri dan sejuk yang didominasi oleh hutan pinus dengan luas yang mencapai 7 hektaran dengan tinggi 1.450 meter di atas permukaan laut. Hutan Jaya Giri merupakan hutan lintas alam yang biasanya digunakan oleh para pecinta alam untuk mendaki gunung, menelusuri hutan atau sekadar piknik melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari yang membosankan.

Tempat Wisata Alam Bandung Jayagiri sebenarnya adalah nama sebuah desa yang merupakan penghubung atau rute jalan menuju Gunung Tangkuban perahu, dan biasa digunakan para Hikers ( penghobby Hiking ) sebagai salah satu akses menuju ke Gunung Tangkuban Perahu, yang mana hikers akan Melewati jalur perkebunan penduduk, bukit dan hutan yang sangat menantang khas Lembang Bandung barat yang asri dan berudara cukup sejuk ini. Bisa dikatakan Jayagiri sebagai tempat wisata di Bandung yang memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa, dimana hutan kawasan ini masih lebat, padat, asri dan rindang dan kawasan hutan nya sendiri didominasi oleh pohon pinus, puspa dan pohon besar lainnya.

baca juga : Pemandian Air Panas Ciwalini

Beberapa kelebihan dari Taman Hutan Jaya Giri Lembang ini adalah bahwa tempat ini juga disebut dengan hutan lintas alam, sebab banyaknya para pendaki yang melakukan hiking dan camping ditempat ini. Udaranya yang masih segar, difasilitasi dengan signboard yang berfungsi sebagai petunjuk para pendaki, disini juga tersedia shelter pendakian disertai dengan pos penjagaan, WC, serta tempat sampah. Keindahan ini pun dapat Anda nikmati dengan membayar tiket masuk yang sangat murah.

Untuk memasuki tempat wisata yang menarik di Lembang Bandung ini,anda cukup membayar Rp.5000 rupiah untuk tiketing hiking/atau pendakian PP, dan cukup membayar Rp.8000 rupiah apabila anda sekaligus berencana untuk melakukan camping. Harga tiket tempat wisata di bandung yang murah ini bisa dikatakan spesial, karena selain anda bisa secara bebas menikmati keindahan serta keasrian hutan yang didominasi hutan pinus ini, besaran uang tiket tersebut sudah termasuk asuransi jiwa. Dengan membayar tiket ini nantinya Anda tidak usah lagi membayar tiket masuk ke Gunung Tangkuban Parahu.

baca juga : Taman Lansia Bandung

Sebelum Anda memulai pendakian, Anda bisa beristrahat sejenak di warung yang tidak jauh dari gerbang masuk. Setelah selesai bersantai, Anda bisa langsung memulai trek pendakian sambil menikmati keindahan tanaman kopi milik penduduk serta pohon pinus yang menjulang tinggi. Semakin udara mulai sejuk dan pendakian Anda semakin jauh, trek pendakian yang ditempuh pun semakin menanjak. Setelah melewati trek menanjak yang melewati hutan pinus yang memakan waktu sekitar 1 jam, Anda dapat beristirahat di warung sambil melepas penat. Setelah beristirahat di warung, Anda dapat melanjutkan perjalanan lagi dan melewati hutan pinus yang masih muda. Berjalanlah sampai menemukan pos saluran air dan tak jauh dari tempat itu, terdapat tempat yang lapang dimana Anda bisa mendirikan tenda.

Memasuki kawasan Taman Hutan Jayagiri Anda akan segera dihadapkan pada dua rute hiking. Satu rute adalah jalur pipa air dari mata air Jayagiri. Sedangkan rute lainnya adalah rute klasik yang memiliki banyak trap tanjakan. Dibanding rute pipa air, rute ini memang lebih sulit. Namun cenderung cocok bagi Anda yang suka dengan tantangan adrenalin lebih baik. Siapkan saja fisik Anda karena kaki dan paru-paru Anda harus bekerja sangat keras.

Keunggulan lain taman hutan ini adalah lokasinya yang sangat mudah ditemukan. Baik Anda warga Bandung maupun luar Bandung, Anda dapat menemukan taman hutan ini relative lebih mudah dibanding lokasi wisata lainnya. Sebab, letak taman hutan ini berdekatan dengan objek wisata yang sudah sangat terkenal dan bahkan menjadi ikon Bandung, Tangkuban Perahu. Tempat wisata alam di Bandung yang murah dan menarik Jaya Giri bisa anda datangi dengan cara menggunakan angkutan umum berupa angkot dengan jurusan Ciroyom-Lembang atau menggunakan angkutan umum dengan trayek Stasiun Hall Bandung-Lembang dengan turun di jalan raya Lembang.

Ada satu hal menarik, sebelum Anda memasuki gerbang wisata alam Jaya Giri, kita bisa mampir terlebih dahulu ke salah satu taman yang bernama Taman Junghun, yang merupakan taman yang dibuat untuk didedikasikan kepada seorang warga belanda yang bernama Dr.Frans Wilhelm Junghuhn yang berjasa dalam pembudidayaan tanaman kina di Indonesia khususnya Bandung.

Taman Hutan Jaya Giri Lembang memang bukan satu-satunya wisata Bandung di Jawa Barat. Namun bisa menjadi pilihan tepat bagi kunjungan wisata keluarga Anda. Apabila memang bermaksud mencari pengalaman berbeda. Banyak akses mencapai Taman Hutan Jaya Giri Lembang. Yakni 17 Km dari Kota Bandung, dan 52 Km dari Kota Subang, sementara dari Jakarta sekitar 200 Km.