Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Bandung

Taman Buru Kareumbi Masigit

Taman Buru Kareumbi Masigit

Bingung mencari Tempat Wisata di Bandung yang menawarkan sensasi yang berbeda dengan yang lainnya ? Jika iya, coba anda mulai rencanakan waktu liburan ke bandung untuk mengunjungi Taman Buru Masigit Kareumbi.

Taman buru masigit kareumbi memiliki luas sekitar 12.420,70 hektar. Kawasan lokasi wisatanya masuk ke dalam 3 wilayah administratif, yaitu kabupaten bandung, sumedang serta kabupaten garut. Taman Buru Masigit Kareumbi lokasi geografisnya adalah bergunung-gunung, Ketinggian Gunung Kareumbi puncaknya berada di posisi 1.763 mdpl, menjadikan kawasan wisata hutan di jawa barat ini termasuk hutan tipe iklim C dengan suhu rata-rata kawasan 23 derajat celsius.

baca juga : Rumah Mode Bandung

Tempat Wisata Alam di Bandung ini memang cukup unik, hal itu bisa dilihat dari asal usul sejarah dari nama tempat ini, yaitu “Masigit” diambil dari nama pasir yang ada di sebelah timur kawasan, dan “Kareumbi” adalah nama gunung di sebelah baratnya. Namun juga nama kareumbi ini ada yang menafsirkan diambil dari nama sebuah pohon, yaitu pohon kareumbi yang dulunya memang kawasan di dalam gunung tersebut merupakan habitat tempat hidup pohon kareumbi tersebut.

Gunung Masigit kareumbi ini adalah merupakan kawasan daerah aliran sungai (DAS) cimanuk, yang mana merupakan penyangga sumber air bagi sungai citarum, sungai terbesar di jawa barat. Di dalam kawasan hutan Masigit Kareumbi ini terdapat sejumlah sumber mata ir berupa sungainya seperti sungai cigunung, cikantap, cimanggu, cihanyamar, citarik cideres, cileunca, cianteun, cikayap, cibayawak, cisereh dan cimacan.

baca juga : Puncak Bintang

Taman buru masigit kareumbi sebelum seperti sekarang merupakan kawasan yang terkenal dengan illegal logging nya. Di sana banyak sekali penebangan pohon untuk alsan ekonomi dan produksi yang secara langsung dampaknya berpengaruh terhadap keletarian dan fungsi hutan Gunung Kareumbi.

Ada banyak daya tarik wisata yang menjadikan tempat ini begitu spesial terutama bagi para pecinta alam, dan berikut adalah daya pikat yang mengharuskan anda wajib mengunjungi Kawasan Konservasi Hutan Taman Buru Masigit Kareumbi ini.

Yang paling eksklusif dari Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi ini yaitu sejuknya udara khas pegunungan yang mengelilingi kawasan dengan banyaknya tumbuh pepohonan yang sangat begtu asri, menjadi kekuatan utama dari bumi parahyangan.

Ada banyak tanaman pohon atau flora yang hidup di hutan alam masigit kareumbi ini, diantaranya Pasang, Saninten, Puspa, Rasamala. Sementara tumbuhan yang hidup dibawahnya ada tepus, congok, cangkuang dan yang lainnya.

baca juga : Obsevatorium Bosscha

Sementara dari jenis bunga atau liana dan epiphyt yang tumbuh di sini antara lain seuseureuhan, angbulu, anggrek merpati, anggrek bulan, kadaka dan yang lainnya.

Secara umum, hutan tanaman yang hidup di kawasan ini 40 persen ternyata di didominasi oleh jenis pohon pinus, kemudian pohon bambu serta jenis pohon kuren.

Kawasan wisata hutan ini pun merupakan tempat hidup atau habitat asli dari beberapa binatang atau hewan khas pegunungan, seperti halnya konervasi satwa Rusa di Ranca Upas

Jenis fauna yang bisa anda temukan di kawasan wisata hutan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi ini antara lain, babi hutan, rusa tutul, kijang, anjing hutan, macan tutul, kucing hutan, ayam hutan, kukang, bultok, kera, lutung serta burung walik.

Nah dengan berkunjung ke sini, Kawasan Wisata Hutan ini menawarkan kepada kita objek wisata jalan-jalan atau rekreasi alam khas hutan yang sangat nyaman sambil mengenal dan belajar bagaimana cara menjaga kelestarian lingkungan.