Uncategorized

Sungai Lobang

Sungai Lobang

Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara diam-diam memiliki pesona cantik yang unik, ialah Sungai Lobang. Dijamin saat Anda pergi ke destinasi ini, pasti terhipnotis dengan kemolekannya. Sungai ini berbeda dengan sungai pada umumnya, sebab warna air sangat jernih, bersih, dan hebatnya lagi berwarna biru seperti air laut. Dinamakan Sungai Lobang karena ada sebuah lobang yang dalam di sungai ini dengan kedalaman mencapai 50 meter.

Sungai Lobang adalah Sungai Yang berbeda dengan sungai pada umumnya.. Liat donk gaess air sungainya bening sekali, dan airnya berwarna biru seperti air laut. Sungai Lobang merupakan Kolam Besar yang memiliki air bersumber dari mata air yang begitu bersih dan jernih. Disebut sebagai Sungai Lobang, karena di tengah kolam ini terdapat lubang besar yang dalamnya mencapai 50 meter lebih.

baca juga : Pantai Klang

Menurut cerita dari penduduk setempat, Sungai Lobang terbentuk sekitar 100 tahun lalu akibat letusan dari bawah tanah. Hasil letusan tersebut kemudian menjadi lubang mata air yang begitu besar. Kedalamannya belum pernah ada yang mencoba mengukur.

Lubang tersebut kemudian dijadikan nama sungai. Tepat di lubang tersebut, air berwarna biru tua. Sementara di bagian lain sungai, air berwarna biru langit. Kedalaman sungai, selain lubang tersebut, sekitar dua meter. Tak hanya terlihat eksotis, Sungai Lobang juga dikenal angker. Jika ada yang ingin mandi dengan niat yang tidak bagus. Konon katanya, orang tersebut akan tenggelam.

baca juga : Pantai Cermin

Berada di sungai ini, jangan lewatkan untuk berswafoto. Anda bisa berfoto di antara bebatuan, sungai hingga pepohonan. Lokasi Sungai Lobang terletak di Desa Kerasaan, sekitar 45 menit dari Kota Pematangsiantar. Namun, setahun belakangan sungai Lobang tersebut telah memakan korban dua orang, dan sejak saat itu sungai mulai jarang disambangi. Oleh sebabnya, Anda harus ekstra hati-hati jika hendak berenang di sungai.

Jika tertarik untuk pergi ke sini, Anda bisa menempuhnya dari kota Siantar selama 45 menit menuju desa Kerasaan. Sungai Lobang ini berlokasi di daerah pemukiman. Sayangnya, pemerintah setempat seperti tidak memedulikan keberadaan lokasi karena masih sering dijadikan sebagai tempat cuci baju oleh warga. Dan, sungai tidak dikelola dengan baik.