Uncategorized

Sopo Tinjak

Sopo Tinjak

Liburan adalah hal yang paling menyenangkan dan bahkan sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Karena dengan liburan kamu bisa menyegarkan pikiranmu dari penatnya aktivitas sehari-hari. Nah, jika ada waktu libur tidak ada salahnya kamu berkunjung ke Pulau Sumatera, tepatnya di Sumatera Utara. Karena provinsi yang beribu kota di Medan ini memiliki banyak keindahan alam yang menawan, mulai dari danau yang indah, air terjun, pantai yang eksotis, perbukitan hijau, hingga hutan belantara yang masih perawan. Pokoknya semua keindahan alam ada di Sumatera Utara, tinggal menyesuaikan budget dan keinginanmu saja.

Lokasi Sopo Tinjak berada di Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Lokasi yang cukup jauh dari Kota Medan, yakni sekitar 500 km atau dengan waktu tempuh perjalanan darat selama kurang lebih 12 jam. Namun jika diukur dari ibu kota Kabupaten Mandailing Natal, Panyabungan jarak ke Sopo Tinjak hanya sekitar 40 km dan bisa ditempuh hanya dengan waktu 1 jam 30 menit.

baca juga : Lubuk Larangan

Akses menuju ke Sopo Tinjak sudah cukup memadai, di mana para pengunjung bisa mendatangi desa wisata yang satu ini dengan menggunakan kendaraan roda dua atau bahkan roda empat. Lokasinya yang berada di perbukitan membuat para pengunjung akan disuguhi pemandangan alam hijau yang mempesona selama di perjalanan. Hal itu lah yang kemudian membuat perjalanan ke Sopo Tinjak tidak akan terasa membosankan dan melelahkan.

Sopo Tinjak adalah sebuah desa wisata yang berada di areal perbukitan sehingga menjadi tempat yang sangat cocok untuk melepas penat sembari menikmati keindahan alam berteman dengan hembusan angin yang menyejukkan. Hembusan udara yang masih segar berpadu dengan alam yang masih asri akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama di tempat yang satu ini, mungkin termasuk juga kamu. Kondisi yang demikian akan sangat cocok untuk kamu yang memang ingin melepas penat dan menjauhkan diri dari hingar bingar kehidupan perkotaan yang terkadang sangat membosankan.

baca juga : Goa Borallah

Tidak hanya dijadikan sebagai desa wisata, pada perkembangannya Sopo Tinjak juga akan dikembangkan sebagai lokasi bumi perkemahan atau camping ground. Kontur permukaan dan luasnya wilayah Sopo Tinjak menjadi alasan utama dibalik rencana pembangunan bumi perkemahan di tempat yang satu ini. Dengan adanya bumi perkemahan diharapkan bisa semakin menarik minat para pengunjung untuk datang menyambangi Sopo Tinjak, terutama bagi mereka yang masih berstatus sebagai pelajar.

Fasilitas di sana bisa dibilang cukup memadai untuk para pengunjung. Layaknya desa wisata pada umumnya, di Sopo Tinjak juga terdapat beberapa warung sederhana yang menyediakan berbagai makanan dan juga minuman. Biasanya yang menjadi menu favorit para pengunjung adalah bandrek jahe. Karena minuman yang satu ini memiliki citarasa yang khas dan dianggap bisa menghangatkan badan dari paparan udara dingin seperti di Sopo Tinjak. Untuk para pecinta kopi jangan khawatir, karena warung-warung tersebut juga banyak menjual kopi khas Sumatera. Minum kopi sambil bersantai dan menikmati keindahan alam Sopo Tinjak bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu di sana. Kamu diwajibkan untuk mencobanya.