Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Keliling Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Bandung,  Wisata Keliling Indonesia,  Wisata Nusantara

Saloka Park Semarang

Saloka Park Semarang

Saloka Park Semarang menjadi salah satu tempat bermain terkenal di Semarang. Bahkan, Saloka Park digadang-gadang merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Dengan klaim itu tentu ada berbagai macam wahana yang bisa dicoba.

Nama wisata Saloka terinspirasi budaya lokal sang legenda Rawa Pening. Merupakan sesosok naga bisa berbicara Baru Klinthing, putra dari Ki Hajar dan Nyai Salokantara. Saloka Park Semarang berada di lahan seluas 18 hektar dan setidaknya terdapat 22 wahana permainan seru menarik dicoba.

baca juga : Pantai Karang Bolong

Selain areanya yang sangat luas, tempat wisata ini juga di lengkapi dengan berbagai fasilitas dan wahana seru. Wahana di Saloka Park mulai dari wahana permainan edukasi khusus anak anak, remaja hingga wahana yang memacu adrenalin.

Saloka Park Semarang yang dikelola PT. Panorama Indah Permai ini diresmikan pada tanggal 15 Desember 2018. Taman bermain ini mengusung konsep serupa dengan Dufan di Jakarta. Hanya saja, Saloka Park Semarang lebih menonjolkan unsur kekayaan budaya lokal. Misalnya dalam pemilihan nama wahana.

Saloka park Semarang ini memiliki fasilitas penunjang wisata yang lengkap. Toilet Umum, toilet difabel, musholla, atm center, hingga klinik kesehatan semua telah siap menyambut pengunjung.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati kuliner dapat menuju cafe yang dihadapkan langsung dengan view Rawa Pening dan gunung Merbabu. Banyak pilihan tempat makan di Saloka Park Semarang seperti Rimba Cafe, Jenju Cafe, Food Truck, Food Stalls, hingga Daimami Foodcourt.

baca juga : Pantai Jogan

Saloka Theme Park Semarang juga memiliki pasar seni Seloka yang menyediakan souvenir lucu dan buah tangan khas daerah.

Masuk ke Saloka Park semarang pengunjung akan disambut dengan zona Pesisir. Mulai dari dekorasi, interior hingga bentuk bangunan akan membawamu berasa berada di pantai. Ada beberapa wahana yang dapat dinikmati di sini, di antaranya Lumbung Ilmu Galileo, Taman Galileo, serta replika Kapal Jenju.

Selain itu, ada arena Jejogedan sebagai acara hiburan gratis di hari-hari tertentu. Di Zona ini juga terdapat Pasar Seni Saloka untuk berburu barang-barang suvenir. Selain itu, ada Kafe Jenju, Tuk CIO Café, dan Srengenge Café yang siap untuk memanjakan lidah.

Lumbung Ilmu Galileo (science center) menjadi pusat wahana ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk segala usia, terutama anak-anak. Memasuki Lumbung Ilmu Galileo, kamu akan disambut Hall of Fame untuk mengajak pengunjung mengenal 10 tokoh ternama dari berbagai negara, tak terkecuali dari Indonesia.

Ada beberapa zona pengetahuan yang dapat dijelajahi di sini, di antaranya Zona Disester, Zona Prasejarah, Zona Bumi, Zona Zaman Es, Zona Flora dan Fauna, Zona Tubuh Manusia, hingga Zona Antariksa. Ada banyak pengetahuan yang dapat kamu pelajari dengan berbagai media gambar, tulisan, video, replika hingga permainan, seperti kombinasi warna dan piano lantai.

Di zoa ini juga ada Cakrawala (ferris wheel). Wahana berbentuk kincir raksasa yang berwarna-warni memiliki tinggi 33 meter. Ada 22 gondola yang tersedia. Durasi permainan ini kurang lebih 15 menit dalam sekali putaran.

Dari ketinggian Cakrawala, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah zona-zona permainan di Saloka Park Semarang, Rawa Pening, persawahan, dan sederetan gunung di Jawa tengah.