Uncategorized

Pulau Tangkil

Pulau Tangkil

Pulau Tangkil di lepas pantai Mutun, memiliki hamparan pantai berpasir putih halus. Pantai pulau memiliki Air laut yang biru jernih. Pulau ini memiliki luas sekitar 12 hektar. Pemandangannya sangat indah, dengan banyak pepohonan di bagian belakang yang rimbun dan masih menghutan.

Pulau Tangkil di Lampung bisa dijadikan pilihan utama untuk berwisata di pantai. Pulau dilengkapi dengan ragam pilihan olahraga air yang menantang. Semua fasilitas wisata itu  membuat pengunjung berbondong–bondong datang ke pulau ini.

Lokasi wisata saat ini baru memanfaatkan lahan sekitar 3 hektar. Lokasi ditandai dengan gapura dari susunan batu. Di belakang gapura berderet pondokan. Objek wisata di Teluk Lampung ini menyediakan arena permainan bagi keluarga dengan ongkos murah meriah. Salah satunya yang bisa Anda nikmati adalah sensasi parasailing yang hanya ada satu-satunya di Lampung.

Untuk menuju pulau Tangkil Anda bisa mempergunakan perahu nelayan yang banyak terlihat di pantai mutun. Jarak tempuh menggunakan perahu dari Mutun ke Pulau hanya sekitar 10 menit.

Setelah berlabuh di pulau, pengunjung bisa menyewa pondokan. Setelah ganti pakaian, pengunjung langsung bisa segera mencebur ke laut. Airnya laut biru jernih, ombak yang tenang, dan pasirnya putih halus. Perairan pantai juga aman jika berniat berenang di laut.

baca juga : Rumah Tradisional Desa Wana

Fasilitas Pulau Tangkil

Fasilitas yang tersedia di Pulau Tangkil ini bisa dibilang cukup lengkap. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia seperti mushola, kamar mandi/MCK, pondokan untuk beristirahat. Ada juga Tangkil Resto yang menyediakan berbagai macam makanan.

Untuk pengunjung yang ingin bermalam di Pulau, tidak perlu bingung. Di pulau juga menyediakan penginapan berupa tenda dengan tarif sewa sebesar Rp250.000 per malam dengan kapasitas 4 orang. Kalian pun bisa merasakan nikmatnya alam terbuka di pulau Tangkil.

Aktivitas Menarik di Pulau Tangkil

Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana air yang lebih menantang. Pulau ini memiliki fasilitas wahana air seperti banana boat, kano, perahu donat, perahu karet, banana boat, dan bahkan parasailing.

baca juga : Slanik Waterpark

Berenang

Layaknya pantai-pantai yang lain, pengunjung bisa berenang di pinggiran Pantai Pulau ini. Lokasinya yang berada di area Teluk Lampung, menjadikan air di Pantai Pulau tangkil ini lebih tenang. Sangat cocok untuk membawa anak-anak berenang di area pantai ini tanpa takut terhempas ombak.

Jika pengunjung dan keluarga tidak memiliki ban pelampung untuk berenang, tidak usah kawatir. Pengelola pantai tangkil, menyediakan fasilitas penyewaan ban pelampung agar berenang menjadi lebih aman.

Parasailing

Wahana yang jadi primadona sekaligus jagoan tempat wisata ini adalah parasailing. Pengelola pulau tangkil mengatakan, animo pengunjung terhadap wahana ini sangat besar.

Parasailing adalah pilihan permainan air yang sungguh menantang, tapi juga digemari banyak orang. Sensasi seru dan menegangkan pasti dirasakan setiap orang yang mencobanya. Pengunjung akan dibawa terbang tinggi dengan parasut yang ditarik ditarik speedboat berkecepatan tinggi.

Tapi jangan memaksakan diri jika takut ketinggian atau air yang dalam. Jika anda masuk dalam salah satu katagori itu lebih baik tidak perlu mencoba.

Menikmati keindahan Pulau Tangkil dari ketinggian dengan menggunakan parasailing selain memicu adrenalin, membuat pengunjung akan menyadari bahwa tidak perlu ke Bali untuk sekedar menikmati keindahan pantai. Cukup berlibur di Lampung dengan sejuta pesona keindahan wisata pantainya.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba naik parasailing cukup mengeluarkan biaya Rp 150.000 per orang. Maka pengunjung akan disuguhkan keindahan permukaan pantai dari ketinggian. Wahana ini sangat menarik, karena hingga sekarang, hanya lokasi ini satu-satunya dan pertama di Lampung.

Banana Boat

Salah satu aktivitas air yang tidak mungkin dilewatkan ketika ke pantai adalah bermain Banana Boat. Permainan air yang menantang ini akan menguji adrenalin pengunjung. Dalam aktivitas ini pengunjung duduk di atas perahu karet berbentuk pisang akan ditarik dengan kencang oleh speed boat mengelilingi bibir pantai.

Menikmati semilir angin ditambah dengan percikan air segar yang dirasakan, akan membuat pengunjug ketagihan untuk bermain permainan ini. Cukup membayar Rp 150.000 untuk satu Banana Boat berisi 6 orang.

Kano

Pantai Pulau tangkil juga memberikan kesempatan bagi pengunjung yang ingin mengeksplorasi pantai dengan menggunakan kano. Dengan membayar sebesar Rp 30.000 untuk single dan Rp 60.000 untuk double per jamnya. Pengujung akan puas mengelilingi sekitar pantai sembari menikmati pemandangan yang indah.

Untuk menikmati aktivitas air ini , pengelola memastikan aspek keselamatan dan keamanan selama bermain kano. Untuk itu setiap penyewa kano sekaligus diberikan jaket pelampung.

Perahu Donat

Permainan Perahu donat adalah salah satu aktivitas wisata pantai seru di pulau tangkil. Nama permainan berasal dari kue donat, karena bentuk perahu karet yang digunakan dalam permainan bentuknya seperti kue donat.

Wisatawan yang mencoba permainan Perahu donat akan menaiki sebuah perahu karet yang bentuknya menyerupai donat. Kemudian perahu karet akan ditarik dengan speedboat berkeliling perairan pantai. Kapasitas peserta dari satu perahu karet donut ini bervariasi. Tersedia perahu karet dari kapasitas 2 penumpang hingga 4 penumpang.

Baik untuk perahu Donat yang berkapasitas dua orang dan empat orang, penumpangnya harus seimbang. Bagian sisi kanan dan kiri jumlah penumpang harus sama. Tujuannya untuk menjaga keseimbangan perahu saat ditarik oleh speed boat.

Posisi penumpang saat menaiki perahu karet donat ini duduk terlentang sambil memegang tali yang melintang di depannya. Jarak antara tali pengikat perahu karet donut dengan speedboat sekitar lima meter. Permainan perahu donat berlangsung sekitar 15 menit untuk satu kali putaran.