Uncategorized

Pulau Petong

Pulau Petong

Petong Island adalah nama sebuah pulau kecil yang berada di kawasan pemerintah kota batam Indonesia. Pulau petong ini menawarkan keindahan alam dunia bawah laut, Bahkan, karena keindahan panorama yang ditawarkan, pulau petong ini dianggap setara dengan pantai bunaken di wilayah indonesia bagian barat. Kondisi pulau petong yang masih alami, serta terjaga kelestariannya membuat tempat wisata ini bagaikan surga bagi para pecinta snorkeling dan diving.

Keindahan taman alami bawah laut yang dimiliki pulau petong ini sungguh menakjubkan, terdapat berbagai jenis ikan hias dengan berbagai ukuran dari yang kecil hingga besar, ikan-ikan ini akan senantiasa menemani wisatawan saat snorkeling. Tak hanya aneka jenis ikan yang cantik, terdapat pula berbagai spesies terumbu karang yang menghiasi panorama bawah laut di Pulau petong ini. Aneka terumbu karang berwarna warni, anemon laut, bintang laut, dan alga hidup serasi bersama ikan-ikan yang berenang kesana kemari. Kelestarian panorama bawah laut yang ada di pulau ini juga terjaga dengan sangat baik.

baca juga : Pulau Abang Batam

Pulau petong ini berada di sisi selatan pulau batam terletak di sisi barat pulau abang, akses menuju Pulau Petong dari pusat kota batam kurang lebih memakan waktu 3 jam. Dengan rute menuju jembatan enam barelang yang harus di tempuh selama dua jam. Setelah itu di sambung dengan menyeberang selama empat puluh minit sampai tujuh puluh menit menggunakan perahu boat.

Ketika di atas perahu boat menuju pulau petong, wisatawan akan disambut dengan pemandangan alam yang sungguh menakjubkan. Hamparan lautan luas berwarna biru dengan air yang jernih, perbukitan hijau, serta pantai lengkap dengan pasir putihnya akan memanjakan mata para pengunjung. sangat memikat setiap wisatawan yang berkunjung, karena menawarkan ketenangan dan kesejukan yang di padu dengan keindahan dan keeksotikan alamnya. Keindahan alam di sekitar pulau petong mampu memberikan ketenangan hati dan kesejukan bagi siapa pun yang datang ke sini. Perahu-perahu kecil yang berlalu-lalang juga akan dijumpai oleh wisatawan.

baca juga : Museum Wasaka

Di tengah pulau terdapat sebuah resort bernama Reefs Adventure, yang mengelola keperluan snorkeling dan diving. Reefs Adventure menjadi satu-satunya yang menawarkan paket wisata laut di Pulau Petong. Mulai dari akomodasi penjemputan, penyeberangan, snorkeling, diving, sampai paket hotel untuk menginap di resor yang di bangun dengan konsep minimalis dan berdiri tepat di atas air laut.

Peralatan snorkeling dan diving sudah tersedia, tinggal dicocokkan sesuai ukuran yang dibutuhkan. Selanjutnya lakukan pemanasan, lalu berlatih teknik singkat di areal dangkal. Berikutnya baru menuju spot snorkeling dan diving,” papar Julian, Manager Marketing Reefs Adventure Batam

Sebelum melakukan snorkeling dan diving, nantinya akan di briefing dahulu mengenai lokasi mana saja yang memiliki kedalaman ideal, tujuannya selain untuk keamanan peserta wisatawan, juga untuk melindungi terumbu karang agar tidak rusak.