Uncategorized

Pulau Pandang

Pulau Pandang

Tahu kan dimana letak dari Sumatera Utara? Ya, Sumatera Utara dalah provinsi paling ujung barat Indonesia setelah Aceh, yang dimana pada sisi sebelah utara berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan di sebelah selatan berbatasan lansung dengan Samudera Hindia. Lokasinya yang diapit oleh dua lautan membuat Sumatera Utara memiliki deretan pantai yang menawan dan eksotis. Jadi bukan hal yang salah jika banyak yang bilang bahwa berkunjung ke Sumatera Utara tidak akan lengkap jika kamu tak mampir mencicipi suasana pantainya yang eksotis. Bicara soal pantai dan wisata bahari di Sumatera Utara, ada salah satu destinasi yang wajib untuk kamu kunjungi di sana, yakni Pulau Pandang.

Jika melihat dari peta, Pulau Pandang adalah salah satu pulau terluar di Indonesia yang di mana letaknya berada di selat Malaka. Secara administratif Pulau Pandang masuk wilayah Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Jika berangkat dari Medan, maka kamu harus menempuh perjalanan darat dan laut total selama 6 jam, dengan rincian 4 jam perjalanan darat dan 2 jam perjalanan laut. Lokasinya yang cukup terpencil di tengah lautan membuat para pengunjung harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk bisa sampai di Pulau Pandang. Karena jika mengikuti open trip, para pengunjung harus membayar biaya sebesar 350 hingga 500 ribu rupiah untuk perjalanan pulang pergi. Namun untuk menghemat biaya, kamu bisa menyebrang ke Pulau Pandang dengan menyewa kapal boat di pelabuhan kecil yang berada di wilayah Desa Silau Baru, Kecamatan Silau Laut, Asahan. Hanya saja untuk bisa berangkat jumlah orang yang menaiki perahui harus sesuai dengan kapasitas dan kondisi laut aman. Jika kondisi laut membahayakan, pemilik kapal boat bisa membatalkan jadwal keberangkatan.

baca juga : Pulau Salah Nama

Pulau Pandang adalah salah satu destinasi wisata di Sumatera Utara yang memiliki penorama bawah laut yang sangat cantik dengan dihiasi oleh terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni. Airnya pun cukup jernih berwarna biru toska dengan ombak yang cukup tenang, sehingga akan menggoda siapa saja untuk segera menceburkan diri di sana.

Selain itu Pulau Pandang juga memiliki landscape yang cukup unik dengan 3 karakteristik yang berbeda. Karena jika kamu berkunjung ke sisi timur pulau yang menghadap langsung ke Malaysia, maka kamu akan mendapati pantai dengan pasir putih yang lembut berpadu dengan beberapa bebatuan granit yang berdiri perkasa. Kemudian jika kamu berkunjung ke sisi utara dan selatan Pulau Pandang, maka kamu akan menemukan pantai yang didominasi oleh bebatuan dengan bentuk yang cukup unik disertai dengan ombak yang cukup besar.

baca juga : Sungai Asahan

Selain memiliki pemandangan yang eksotis, Pulau Pandang juga masih memiliki keunikan yang lainnya. Ya, di Pulau Pandang juga terdapat Batu Belah, yakni batu besar yang terbelah secara rapi yang konon katanya bisa menelan orang. Batu Belah sendiri berada puncak bukit sisi selatan pulau. Akses menuju ke Batu Belah juga tidak sulit, karena sudah disediakan tangga dari beton yang memudahkanmu untuk menaiki bukit. Tak jauh dari ujung anak tangga kamu pun sudah bisa melihat Batu Belah yang unik tersebut.

Karena menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Batu Bara dan Sumatera Utara, fasilitas yang ada di Pulau Pandang bisa dibilang sangat memadai. Kamu juga tidak akan kesulitan untuk menemukan toilet di pulau yang satu ini. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Pulau Pandang? Dengan pemandangan dan fasilitas yang dimilikinya, saya rasa Pulau Pandang sangat layak untuk masuk ke dalam daftar destinasi liburanmu.