Uncategorized

Pulau Lihaga

Pulau Lihaga

Sulawesi Utara memang dikenal dengan surga wisata bahari dan Pulau Lihaga merupakan salah satu tempat wisata di Minahasa Utara yang sayang untuk tidak dikunjungi apabila anda sedang berada di Sulawesi Utara. Pulau ini terletak di daerah di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Lihaga, merupakan sebuah pulau yang hanya memiliki luas 8 ha. Untuk mempermudah imajinasi tentang posisi pulau ini, bayangkan saja peta Sulawesi Utara yang berbentuk mirip huruf ‘k’. Nah, posisi Pulau Lihaga persis di ujung atas huruf k itu. Pulau Lihaga punya keistimewaan tersendiri dibanding dengan pulau-pulau lainnya di Sulawesi Utara. Pasir putihnya yang sehalus tepung membuat pulau ini menjadi sangat menggoda untuk didatangi. Pulau Lihaga juga tanpa penduduk. Kalaupun ada, hanya satu keluarga yang dipercayakan menjaga pulau tersebut. Merekalah yang bertugas membersihkan sampah yang ditinggal para pengunjung.

baca juga : Pantai Malalayang

Untuk bisa masuk ke pulau yang begitu indah dan tak berpenghuni, anda akan dikenakan tarif sebesar 25.000/orang. Selain itu, karna Pulau Lihaga ini tak berpenghuni maka di sini tak ada warung yang menjual makanan dan Anda di haruskan membawa bekal sendiri dari rumah dan juga sebuah tenda. Rasanya seperti berkemah jika berada di pulau ini dan terasa berada di pulau pribadi. Banyaknya pohon rindang dan pohon-pohon kecil menghiasi isi pulau, pas untuk berteduh sambil menikmati aktivitas lainnya di di sini. Di sini juga sudah ada bangunan kayu yang kokoh untuk sekedar berteduh, dan fasilitas kamar kecil dan ruang ganti sesuai berenang di laut.

Pinggiran pantai didominasi oleh hamparan batu karang dan pasir putih dengan pemandangan yang elok, sungguh sebuah pemandangan yang mempesona yang sangat jarang anda temui di tempat-tempat wisata lainnya. Ditempat ini, anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan snorkling. Pemandangan bawah laut disekitar Pulau Lihaga tidak kalah cantiknya dengan Taman Laut Bunaken yang sudah tersohor. Karena keindahan alam yang begitu mengagumkan, Pulau Lihaga menjadi salah satu lokasi favorit fotografer. Jadi jangan kaget jika saat anda berkunjung ke Pulau Lihaga anda akan melihat para pecita dunia fotografi berkeliaran ditempat ini.

baca juga : Pantai Lakban Ratatotok

Untuk mencapai salah satu tempat wisata favorit di Minahasa Utara, anda akan menempuh perjalanan sekitar 90 menit dari Kota Manado menuju Likupang (pelabuhan Serei). Setelah tiba di Likupang, anda masih akan menempuh perjalanan lagi selama kurang lebih 40 menit menggunakan perahu nelayan setempat yang biasa dipergunakan untuk membawa wisatawan ke Pulau Lihaga dari pelabuhan Serei dengan harga sewa perahu sekitar 800.000 untuk 20 orang penumpang.

Sebelum turun jangan lupa untuk mengitari Pulau Lihaga ini dengan perahu dan sebelum naik ke perahu menuju Pulau Lihaga anda bisa bernegosiasi dengan pemilik perahu agar supaya perahu yang anda tumpangi bisa melewati Pulau Gangga, sebuah pulau yang tak kalah indahnya dengan Pulau Lihaga. Sayangnya tidak sembarang orang bisa masuk ke tempat ini karena di Pulau Gangga ini berdiri resort milik warga negara asing.