Uncategorized

Pulau Bair

Pulau Bair

Entah mengapa menjelajah wilayah luar Pulau Jawa itu sangat menyenangkan. Sepertinya, ada banyak hal yang bisa dilihat dan membuat mata ini semakin meleleh saat tiba di tujuan. Patahan-patahan surga yang dimiliki Indonesia memang sebagian tersebar luas di Kalimantan, bali, Sulawesi, papua, nusa tenggara dan juga sumatera.

Sebenarnya di jawa juga ada patahan surga itu tetapi, bila dibandingkan dengan luar pulau. Patahan tersebut lebih terlihat nyata dan menyenangkan. Kalau boleh dibilang mereka adalah Firdaus yang sengaja diberikan untuk negeri ini. seperti halnya Pulau Bair yang ada di wilayah Maluku.

Keindahan kawasan ini membuat mata meleleh, hati terasa bergetar dan sekujur tubuh lemas karena melihat pesona yang luar biasa. Banyak yang bilang, pulau ini adalah Raja Ampat-nya Maluku. Karena, pemandangan yang disuguhkan hampir sama dengan apa yang akan kita lihat di Raja Ampat yang menjadi surga impian seluruh masyarakat Indonesia.

baca juga : Pantai Pintu Kota

Mengenal Pulau Bair

Pulau ini memang esoktis, namanya belum terlalu terkenal dikalangan kalian. Berbeda bila kita membahas soal Pantai Ngurbloat yang memang selalu menjadi perbincangan netizen. Kawasan ini merupakan pulau kecil, pulau khas tropis dengan pesona yang luar biasa dari sudut hingga ke sudut lagi.

Sepertinya, apa yang ada disini itu sangat menkjubkan. Bahkan, pasir yang sering kita lihat di pantai menjadi sangat menawan saat kalian berkunjung ke tempat ini. entah karena hipnotis atau karena memang kawasannya yang memberikan keindahan secara nyata.

Apabila, dilihat secara mendalam Pulau Bair memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pulau yang lainnya yaitu, berasal dari dua teluk dengan air yang sangat jernih serta laut yang super tenang. Kemudian ditambah lagi dengan vegetasi mangrove dan tebing batu yang akan membawa angan kalian menuju ke raja ampat versi mininya.

baca juga : Pulau Molana

Pesona Pulau Bair

Sesampainya disini, tidak ada kata untuk tidak bermain air. Karena, salah satu daya tarik dari pulau bair adalah airnya yang bisa digunakan untuk berenang, snorkeling dan juga diving. Atau juga bisa digunakan untuk berjemur. Tetapi, amat disayangkan bila kalian yang duduk-duduk dan tidak menikmati keindahan yang diberikan oleh Tuhan ini.

Apabila, tidak bisa berenang dan menyelam melihat ekosistem ikan dibawah laut yang konon katanya seperti berada di negeri dongeng ini, alangkah baiknya, kalian untuk berkeliling pulau dengan menyewa perahu. Biasanya ada perahu yang bisa disewa dengan harga yang sudah ditentukan.

Kalian bisa melihat betapa air disini jernih bagaikan sebuah cermin yang menawan. Saat berangkat dan memulai penelusuran, saat itu pula, kalian akan dibuat kagum oleh maha karya ciptaan Tuhan. Rasa-rasanya, kita sebagai manusia sangat kecil dan tak bisa berbuat seperti yang dibuat oleh Tuhan seperti ini.

Tebing-tebing tinggi menjulang, menghadirkan sebuah pesona berbeda. Suasana dan nuansa yang tenang membuat kalian benar-benar bisa rileks. Salah satu terapi penghilang stress paling ampuh yang mungkin wajib untuk dicoba. Karena, ketenangan disini bisa terjamin. Sebab, kawasan ini masih sepi belum begitu ramai.

Kondisi inilah yang membuat Pulau Bair menjadi tempat yang paling menarik untuk dikunjungi, dikala kerjaan sedang menumpuk, membutuhkan inspirasi dan udara segar untuk menghilangkan beberapa sampah yang menyarang. Disini, seperti berada di pulau pribadi.

Lorong Mati

Dari namanya saja sudah horror, apakah kawasan ini memang horror? Tenang, tidak ada yang horror di pulau bair yang ada hanya indah, indah, dan indah. Seperti halnya loronng mati ini yang hanya sebagai sebuah nama saja. Tetapi, aslinya sungguh esoktis dan entah kata apalagi yang bisa diungkapkan untuk kawasan ini.

Lorong mati adalah dua tebing yang menjulang tinggi dan menciptakan sebuah sudut sempit. Nah, disini kalian dituntut untuk basah. Karena, beberapa kapal tidak ada yang bisa melewati lorong ini. jadi, amat disayangkan bila spot yang satu ini terlewatkan begitu saja.

Hutan Mangrove

Tidak ketinggalan, hutan mangrove yang begitu epik menjadi daya pikat lain saat berkunjung ke sini. Udaranya yang dihasilkan sangat sejuk, membuat kalian sulit untuk bisa move on dari kawasan ini. rasakan keindahan luar biasa yang dihadirkan dari atas sini. Konon katanya, disini sering kali jadi rumah untuk hiu blacktip yang menjadi ikan paling dicari.

Selain hiu blacktip, ada juga beberapa ikan yang menggemaskan nan lucu menjadi penghias yang tidak akan pernah surut. Ikan-ikan ini seakan menyapa dan mengucapkan selamat datang bagi kalian. Seru sekali bukan menjelajah kawasan ini.