Uncategorized

Pemandian Air Soda

Pemandian Air Soda

Pemandian air panas itu sudah biasa. Tepatnya di Desa Parbubu I, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara mempunyai lokasi wisata yang sangat unik dan menarik dimana di dunia hanya terdapat 2 lokasi saja. Lokasi wisata tersebut adalah Wisata Pemandian Air Soda. Anda bisa menikmati sensasi berenang di air bersoda. Pemandian ini kerap didatangi pengunjung dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri yang penasaran dengan pemandian ini.

Sensasi mandi di air soda tentu berbeda dengan pemandian pada umumnya. Saat menyeburkan diri ke dalam airnya, tubuh Anda akan berasa seperti berbusa. Airnya juga tidak lengket saat tersentuh dengan kulit, terasa sedikit asin dan badan Anda seolah berasa halus dan ringan. Tapi ingat, cipratan airnya bakal membuat mata sedikit perih. Warna air nyaris berwarna merah, sehingga masyarakat sekitar menyebut tempat ini dengan nama Aek Rara Tarutung dimana Aek berarti Air dan Rara adalah Merah.

baca juga : Goa Natumandi

Dari mata air di dasar kolam, air bersoda mengalir dari celah batu dan menimbulkan buih-buih. Aroma mirip minuman berkarbonasi terasa menusuk hidung. mandi di air soda juga berkhasiat untuk kesehatan. Air soda ini dipercaya bisa menyembuhkan gatal-gatal, rematik, asam urat dan sakit mata. Sejarahnya air soda di sana pertama kali ditemukan oleh seorang bidan di Tapanuli Utara, Minar Sihite. Saat itu dia sedang mencangkul tanah dan tanpa sengaja keluar air dari dalam tanah. Begitu dirasa, ternyata air ini berbeda dengan rasa dan aroma yang mirip dengan soda. Kemudian di tahun 2004, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara meresmikan kolam air soda ini menjadi salah satu objek wisata.

Lokasi pemandian yang berupa kolam setengah lingkaran tersebut langsung berbatasan langsung dengan areal persawahan yang terhampar luas dan dibentengi oleh perbukitan yang mengelilingi kota Tarutung sehingga Anda akan mendapatkan suatu pemandangan yang elok dan udara yang sejuk. Waktu berkunjung paling tepat ke lokasi pemandian adalah pada pagi atau siang hari, karena jika sore hari sudah terlalu banyak orang mandi kolam akan kelihatan sedikit keruh.

baca juga : Pantai Pandan

Sebenarnya kejernihan air dalam kolam selalu terjaga karena air soda terus mengalir dari mata air dan luapannya meluber mengaliri persawahan disekitar lokasi. Tempat Wisata ini terbilang sudah dikelola dengan baik karena sudah sangat lengkap. Dari area parkir, tempat berganti baju, toilet sampai dengan tempat makan yang berada di area permandian. Untuk penginapan dapat ditemukan di Kota Tarutung yang dekat dengan tempat wisata ini.

Mandi di Pemandian Air Soda gratis. Biaya pengelolaan dan operasional ia ambil dari keuntungan menjual makanan dan menyewa pelampung. Akses ke Tarutung cukup mudah. Dari Medan, Tarutung bisa dicapai dengan perjalanan darat selama 7-8 jam. Tarutung juga bisa diakses dengan penerbangan 40 menit dari Medan dan 50 menit dari Batam menuju Bandara Silangit. Waktu tempuh dari Bandara Silangit menuju Pemandian Air Soda hanya sekitar 40 menit perjalanan darat.