Uncategorized

Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini

Ciwidey adalah daerah yang memiliki banyak objek wisata yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Selain itu, daerah Ciwidey merupakan kota yang dikelilingi oleh banyak pegunungan dan perbukitan dengan panorama alam yang masih asri, membuat suhu di sekitar Ciwidey sejuk dan dingin.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Ciwidey, tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi wisata yang ada di wilayah ini yaitu Wisata Pemandian Air Panas Ciwalini yang terletak di Bandung Selatan. Objek wisata yang dekat dengan wisata Kawah Putih, Pemandian Air Panas Cimanggu, dan Situ Patenggang ini merupakan salah satu dari sekian banyak wisata yang ada di Ciwidey.

baca juga : Taman Lansia Bandung

Berbeda dengan Pemandian Air Panas Cimanggu yang buka selama 24 jam, kawasan Wisata Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung hanya buka dari pukul 06:00 WIB – 17:00 WIB, setiap hari Senin – Jumat, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, biasanya pemandian air panas tidak dibuka karena pihak pengelola melakukan pembersihan kolam untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Sebaiknya anda datang pagi hari di saat udara sedang sejuk dan pemandangan yang eksotis, serta anda bisa menikmati wisata ini lebih lama.

Jika anda ingin berwisata ke Ciwalini Ciwidey, maka anda dapat melalui rute yang dimulai dari Jalan Kopo menuju ke Soreang dan naik ke arah Ciwidey. Di perjalanan Ciwidey ini begitu menarik, anda akan menemukan banyak sekali tikungan serta jalan menanjak, tidak ramai, dan cukup mulus. Pemandangan yang sangat bervariasi dan memanjakan mata anda. Terdapat penginapan dan hotel-hotel berdiri gagah di sekitaran jalan di daerah Ciwidey. Semakin ke atas, beberapa kali perjalanan anda akan menemui kebun strawberry dan kebun teh di sisi kiri-kanan anda. Semakin anda mendekati pemandian air panas Ciwalini, maka anda akan menemui jalanan yang cukup rindang sebab banyak sekali pepohonan.

baca juga : Pemandian Air Panas Cimanggu

Setelah beberapa saat kemudian, maka tibalah anda di gerbang masuk Pemandian Air Panas Ciwalini. Mengingat kolam Pemandian Air Panas Ciwalini berada di tengah perkebunan Teh Rancabali, hawa yang sejuk serta pemandangan alam yang sangat indah dan eksotik akan anda rasakan saat berkunjung ke Ciwalini. Begitu anda turun dari kendaraan, anda akan disuguhkan dengan suasana tempat yang dikelilingi pegunungan dan tidak pernah sepi dari pengunjung, banyak diantara pengunjung yang datang ke tempat itu untuk berendam di kolam air panas, bahkan sebagian dari pengunjung percaya air panas tersebut baik untuk kesehatan tubuh.

Pemandian Air Panas Ciwalini ini memanfaatkan melimpahnya sumber mata air panas di alam sekitarnya. Terletak di kaki Gunung Patuha, di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, obyek wisata ini cukup sejuk serta menyajikan pemandangan alam yang indah dan eksotik. Kerimbunan perdu teh yang mengelilingi Ciwalini menjadikan kawasan wisata ini terasa lengkap sebagai wisata alam yang menarik di Bandung Selatan, tepatnya masuk dalam wilayah Ciwidey, Kabupaten Bandung. Di sini disediakan beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda, begitupun dengan fasilitas yang ada. Terdapat dua kolam renang yang dapat anda gunakan untuk menikmati kehangatan air di tengah sejuknya udara pegunungan. Anda diharuskan membayar tiket tambahan sebesar Rp. 10.000 untuk masuk ke salah satu kolam dengan fasilitas yang lebih lengkap, kolam ini juga terlihat lebih terawat dan bersih jika dibandingkan dengan yang disebut sebagai kolam umum.