Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Keliling Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Keliling Indonesia,  Wisata Nusantara

Pasir Putih Situbondo

Pasir Putih Situbondo

Menyusuri Pantai Pasir Putih Situbondo membuat hati menjadi teduh. Pasirnya yang putih, airnya yang jernih dan gelombang ombak yang tidak terlalu besar membuat pantai ini menjadi sangat menyenangkan saat dikunjungi.

Berbeda dengan pantai di laut selatan yang cenderung memiliki ombak besar, maka ombak di Pantai Pasir Putih ini lebih tenang, dan bahkan nyaris tidak berombak. Kondisi tersebut membuat pengunjung dapat menemukan berbagai petualangan bawah laut mengasyikkan di pantai tersebut.

baca juga : Danau Gunung Tujuh

Pantai Pasir Putih sendiri memiliki topografi yang unik, dengan bentuknya yang melengkung ke arah laut. Dengan bentuknya yang melengkung serta hutan kehijauan di tepian, pantai ini menyuguhkan sebuah lanskap indah.

Barisan pepohonan cemara udang, kelapa, serta deretan pepohonan jati memberikan udara sejuk dan menghadirkan ketenangan di kawasan pantai tersebut. Pada bagian hutan di pantai ini, pengunjung juga dapat melihat sejumlah satwa berkeliaran di pepohonan.

Salah satunya adalah kera hitam, satwa yang kerap kali berebutan makanan di jalan masuk Pantai Pasir Putih. Suara kicauan burung juga terdengar sepanjang hari. Keberadaan hutan ini adalah salah satu pesona unik yang dimiliki Pantai Pasir Putih tersebut.

Pengelola Pantai Pasir Putih Situbondo juga menyediakan fasilitas kamar mandi untuk  bilas setelah seharian bermain di pantai. Selain itu ada juga  musholla untuk ibadah. Ada juga area untuk beristirahat seperti bangku-bangku yang terbuat dari beton.

Bangku beton itu ada di dekat lokasi penjual makanan di sekitar Pantai Pasir Putih Situbondo. Di sekitar area pantai ada kios yang menjual souvenir, seperti miniature perahu, hiasan dan aksesoris yang terbuat dari kerang pantai yang dibuat oleh warga sekitar yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Untuk bermalam, di sekitar kawasan Pantai tersedia penginapan murah mulai dari losmen, motel hingga hotel dengan harga yang bervariasi. Di sekitar pantai juga disediakan area untuk wisatawan yang ingin berkemah menghabiskan malam di pinggir pantai melihat bintang di langit malam pantai.

Kental Akan Nuansa Pulau Dewata

Selain indah, Pantai Pasir Putih Situbondo juga relatif aman karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Oleh karena itu, ada banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan pengunjung saat berwisata ke pantai ini.

Berbagai aktivitas wisata seperti snorkeling, kano, berenang, memancing, hingga naik perahu layar bisa dinikmati pengunjung dengan aman di sini. Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk berwisata ke Pantai Pasir Putih Situbondo karena air laut yang relatif tenang.

Banyaknya aktivitas wisata di pantai ini membuatnya bagikan pantai-pantai yang berada di Pulau Bali. Hal itu salah satunya disebabkan oleh adanya perahu layar yang berlalu-lalang dan menepi di sepanjang garis pantai.

Pemandangan semacam itu biasanya ada di pantai-pantai Pulau Dewata. Pengunjung tidak hanya bisa memotret perahu layar yang unik itu. Mereka pun bisa naik perahu dan berkeliling. Tarifnya Rp 70.000 untuk dua orang.

Saat perahu berlayar sampai ke tengah, pengunjung akan disuguhkan dengan lanskap menawan Pantai Pasir Putih Situbondo dengan latar belakang pegunungan yang menjulang di belakangnya.

Selain musim kemarau, hari kerja juga merupakan waktu yang pas untuk berkunjung ke Pantai Pasir Putih Situbondo untuk menikmati suasana nan menenangkan. Saat hari libur, pantai ini akan dipenuhi oleh wisatawan.

baca juga : Alas Burno Senduro Lumajang

Keindahan Bawah Laut

Keeksotisan Pantai Pasir Putih Situbondo ternyata tidak hanya tersaji di permukaan laut saja. Pengunjung juga akan disuguhkan dengan panorama indah di bawah permukaan laut-nya.

Ada dua cara untuk bisa menikmati keindahan bawah laut di Pantai Pasir Putih Situbondo. Cara pertama adalah dengan snorkeling. Tentu cara ini bisa dilakukan mereka yang siap berbasah-basahan. Bagi pengunjung yang tidak ingin basah, mereka tetap bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Pasir Putih Situbondo dengan cara kedua, yakni naik perahu.

Pengunjung bisa melihat pemandangan bawah laut begitu perahu sampai di spot tujuan. Cara melihat bawah laut pun unik karena bagian bawah perahu tidak terbuat dari kaca seperti beberapa pantai di Bali.

Pengunjung bisa melihat keindahan bawah laut melalui sebuah kotak yang dasarnya terbuat dari kaca. Pengunjung cukup memegang kotak itu dan meletakkan dasarnya di atas permukaan laut. Dengan cara itu, mereka akan bisa melihat pemandangan bawah laut dengan terumbu karang dan ikan-ikannya seperti ikan badut dan bulu babi.

Pengunjung hanya perlu untuk berhati-hati saat melihat keindahan bawah laut dengan cara tersebut. Kotak yang dipegang jangan sampai tenggelam, serta barang seperti smartphone atau kamera juga jangan sampai jatuh ke air.

Tarif untuk naik perahu dan melihat panorama bawah laut Pantai Pasir Putih Situbondo ini cukup terjangkau. Biayanya hanya di kisaran Rp 70.000 untuk dua orang.

Diving

Bagi pengunjung yang memiliki skill menyelam bisa menyelam di perairan pantai ini. Alam bawah laut Pantai Pasir Putih adalah tempat tumbuhnya terumbu karang yang mencapai radius hingga empat kilometer.

Arus laut yang tenang serta airnya yang jernih adalah keunggulan lainnya yang disukai banyak penikmat diving di Pantai Pasir Putih.

Secara total, ada lima gugusan terumbu karang di Pantai Pasir Putih. Tiga gugusan di antaranya, yaitu Teluk Pelita, Watu Lawang, dan Karang Mayit, terletak dekat dengan tepian pantai dan berada saling berdekatan satu sama lain.

Kedalamannya bervariasi, mulai dari 3 meter hingga 15 meter. Pemandangan utama di gugusan ini adalah koral berwarna-warni, spons, dan binatang laut tembus pandang. Sementara, dua gugusan terumbu karang lainnya, yaitu Takat Palapa dan Kembangsambi, berada agak jauh dari pantai.

Untuk bisa mencapai gugusan-gugusan ini, pengunjung bisa menaiki perahu motor selama sekitar dua jam. Biota laut yang mudah dilihat di gugusan-gugusan tersebut adalah siput laut. Terkadang, ada juga sekelompok ikan bergaris putih, merah, dan biru terlihat melintasi terumbu karang. Jika beruntung, penyelam juga dapat menemukan penyu sisik di dasar lautan.