Uncategorized

Pantai Wartawan

Pantai Wartawan

Pantai Wartawan merupakan salah satu pantai yang terletak di Lampung. Nama dari pantai tersebut diambil dari nama profesi warga lokal yang mengelola pantai tersebut, yaitu sebagai wartawan.  Saat berkunjung ke pantai ini sangat menyenangkan karena harga tiketnya murah dan terjangkau, obyek wisatanya menarik dan pantai tersebut mudah diakses menggunakan kendaraan.

Pantai Wartawan sangat terkenal dengan adanya sumber air panas yang multifungsi. Selain anda menikmati pemandangan alam yang sangat menarik, Anda juga dapat menikmati sensasi memasak menggunakan air panas di tepi pantai. Anda dapat menikmatinya saat surut.

baca juga : Pantai Tanjung Setia

Rute Menuju Lokasi Pantai Wartawan

Pantai Wartawan sangatlah mudah untuk diakses. Pantai tersebut terletak di Desa Way Muli Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Anda dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Rute perjalanannya juga cukup bagus karena melewati jalan raya sehingga Anda tidak perlu khawatir. Pantai tersebut tak jauh dari pelabuhan Bakauheni, yaitu berjarak 31 km. Sedangkan dari pusat Kota Kalianda berjarak 18 km.

Sumber Air Panas Pantai Wartawan

Sumber air panas di sekitar pantai berasal dari Gunung Anak Krakatau yang mana gunung tersebut masih aktif. Air panas tersebut dapat Anda lihat saat surut, yaitu di pagi atau sore hari. Saat air laut pasang maka sumber air panas tidak terlihat, hal ini dikarenakan sumber air panas tertutup dengan permukaan air laut.

Suhu dari air panas yang muncul di tepi Pantai Wartawan mencapai 80 derajat celcius, sehingga Anda dapat memasak di sekitar pantai. Anda dapat melakukannya saat air laut surut. Pantai ini memang lain dari pada yang lainnya. Banyak hal – hal menarik yang dapat Anda jumpai di pantai tersebut.

baca juga : Pantai Tembakak

Manfaat Air Panas

Hal menarik yang dapat Anda jumpai di pantai tersebut antara lain adalah air panas yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk merebus telur, ikan, udang, menyedu kopi dan lain – lain. Selain itu, air panas tersebut juga dipercaya dapat mengobati penyakit seperti rematik, gatal – gatal dan lain – lain.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Wartawan

Jika Anda berkunjung di saat para nelayan pulang dari melaut, Anda juga dapat ikut memasak hasil tangkapan mereka menggunakan air panas yang ada di tepi pantai. Oleh karena itu, liburan di pantai adalah menjadi salah satu hal wajib yang Anda lakukan sembari mengisi waktu luang Anda bersama keluarga.

Hal yang Perlu Disiapkan Saat Anda akan Mengunjungi Pantai Wartawan

Berwisata adalah salah satu momen yang menyenangkan. Anda dapat melepas penat seketika. Namun, ada beberapa hal yang harus dan wajib Anda bawa saat berkunjung ke obyek wisata, antara lain adalah sebagai berikut:

Sangat disayangkan jika kita pergi berwisata tanpa kamera. Hal ini dikarenakan dengan adanya kamera Anda dapat mengabadikan momen–momen penting sebagai kenang-kenangan. Apalagi Pantai Wartawan ini banyak terdapat spot yang bagus untuk difoto sehingga sangat disayangkan jika terlewat begitu saja.

Kotak P3K

Bermain ke pantai sangat disayangkan jika tidak bermain air. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk membawa peralatan kesehatan dan obat – obatan untuk mengantisipasi saat diperjalanan ada yang sakit. Selain itu, ada baiknya jika Anda membawa peralatan seperti tisu, sabun, sampo, baju ganti dan lain lain.

Anda dapat membawa bahan makanan yang simpel dan sederhana seperti telur jika Anda ingin merasakan masak menggunakan air panas di pantai tersebut. Hal ini sangat menari, meskipun berada di pantai namun air panas tidak terasa asin.