Uncategorized

Pantai Tapak Kera

Pantai Tapak Kera

Lampung merupakan salah satu kota yang banyak menyimpan pesona keindahan alam. Masih banyak obyek wisata yang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama yang baik antara warga setempat dengan pemerintah.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah beberapa pantai terletak jauh dari kota dengan akses jalan yang kurang mendukung. Contohnya adalah jalannya sempit, kurang bagus dan masih terpencil seperti Pantai Tapak Kera. Meski membutuhkan perjalanan yang panjang namun semua itu terbayar setelah Anda menikmati panorama alam yang eksotis dari Pantai Tapak Kera.

baca juga : Pantai Way Jambu

Rute Menuju Lokasi Pantai Tapak Kera

Pantai Tapak Kera terletak di Dusun Kenjaru, Desa Merak Belatung, Lampung Selatan. Lokasi tersebut dapat ditempuh selama dua jam dari Kota Bandar Lampung. Selain itu, untuk pergi ke Pantai Tapak Kera dibutuhkan hiking sekitar 30 menit sebelum Anda dapat menikmati panorama yang sangat indah di pantai tersebut.

baca juga : Pantai Piabung

Asal usul Pantai Tapak Kera

Awal mulanya pantai Tapak Kera ini disebut warga sebagai Penapa Kekha. Dalam bahasa indonesia arti dari nama tersebut adalah kera yang bertapa. Dulu konon di pantai tersebut banyak hidup kera.

Saat air laut surut kera – kera berjemur di pinggir pantai sembari mencari makan dan bermain. Namun, kini kera – kera itu sudah tak dapat ditemukan lagi di Pulau Karang, yaitu berada di seberang pantai.

Cerita Mitos tentang Pantai Tapak Kera

Warga di sekitar pantai memiliki kepercayaan bahwa ada siluman buaya yang tinggal di daerah tersebut. Sebagai simbolnya terdapat batu karang yang mirip dengan buaya. Warga setempat menganjurkan agar para wisatawan selalu berhati – hati baik sikap maupun ucapan saat berkunjung di Pantai Tapak Kera.

Keindahan Panorama Alam yang Natural

Pantai Tapak Kera masih sangat natural karena kondisi di pantai tersebut masih asli  sehingga dapat dijumpai air laut yang berwarna jernih, banyak pepohonan berjajar di sekitar pantai. Selain itu, anda juga dapat melihat batu karang yang besar dan menarik menyambut kedatangan Anda.

Struktur Batu Karang yang Eksotis

Batu karang yang berada di tepi pantai terukir indah layaknya seolah – olah diukir oleh manusia. Namun, pada kenyataannya keindahan itu terbentuk secara alami. Sungguh kita harus selalu bersyukur atas ciptaan Tuhan yang luar biasa dan tidak dapat dibuat oleh manusia.

Menikmati Berenang saat Air Laut Surut

Saat air laut surut maka anda dapat menikmati kolam renang untuk berendam saja atau untuk berenang. Untuk keamanan maka Anda dianjurkan untuk tidak berenang saat air laut pasang.

Hiking di Tepi Pantai

Bagi Anda para pecinta hiking dapat mencoba menelusuri bebatuan di pantai ini yang sangat curam. Tentu hal ini menjadi tantangan yang menarik saat berhasil menelusuri batuan di pantai tersebut.

Obyek yang Menarik untuk Berfoto

Hal wajib yang harus selalu dibawa saat Anda berwisata adalah kamera. Kamera sangat berguna untuk mengabadikan momen penting di berbagai spot di Pantai Tapak Kera.

Pantai Berpasir Putih

Di Pantai Tapak Kera ini memiliki pasair putih. Pasir itu sangat bersih, ditambah lagi angin sepoi – sepoi yang turut bersemilir serta ombak yang datang silih berganti menjadikan pemandangan di pantai ini semakin indah dan nyaman untuk bersantai bersama keluarga atau teman.

Melihat Sunset di Pantai Tapak Kera

Anda pun dapat menikmati indahnya matahari terbenam atau yang sering dikenal sebagai sunset di sore hari. Hal ini tidak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke Pantai Tapak Kera karena melihat sunset di pantai tentu Anda tidak dapat menikmati momen spesial ini setiap hari.

Nah, itulah beberapa obyek yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Pantai Tapak Kera. Meski membutuhkan usaha yang ekstra untuk mengakses pantai tersebut namun semua itu telah terbayarkan dengan pesona keindahan alami dari Pantai Tapak Kera.