Uncategorized

Pantai Setokok

Pantai Setokok

Liburan panjang memang selalu dijadikan salah satu agenda yang paling dinantikan oleh setiap orang yang ingin berkunjunjung ke salah satu temat wisata yang menarik. Bila di lihat dari sekian banyak list tujuan wisata yang telah diagendakan, wisata pantai tetap menjadi salah satu destinasi wisata alam yang tak pernah dilewatkan.

Salah satunya adalah Pantai Setokok yang lokasinya tak begitu jauh dari pusat kota Batam. Lebih tepatnya terletak di Pulau Rempang, kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Anda hanya melewati jembatan tiga Balerang, dan kurang lebihnya sekitar 2 km Anda bisa menemui Pantai Setokok.

Mengenai harga tiket masuk ke Pantai Setokok, sebenarnya cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar uang sebesar Rp 5.000 saja sekali masuk untuk satu orang wisatawan. Namun, bila Anda membawa kendaraan pribadi, biasanya akan ada tambahan biaya parkir yang harus Anda bayar. Besarannya tergantung pada tiap pengelola pantai, kisaran biayanya sekitar Rp 1.000 –  Rp 5.000.

Gimana cukup murah sekali bukan? Kemudian setelah Anda membayarnya, Anda sudah bisa menikmati pesona dari Pantai Setokok sepuasnya. Belum lagi jam kunjungnya yang tidak ada batasnya. Di pantai Setokok tidak ada ikatan waktu tertentu bagoi para pengunjung. Oleh karena itu pastinya Anda bakal betah berlama – lama untuk menikmati pemandangan alam disini.

baca juga : Pantai Payung

Bagi Anda yang ingin mengagendakan liburan panjang ke pantai ini, pastinya untuk awalnya bingung ya mengenai rute menuju Pantai Setokok. Berbicara mengenai rute Anda bisa mengambil dari arah Simpang Barelang di Tembesi. Dari arah ini Anda hanya akan menempuh jarak sekitar 16 km dan bisa menghabiskan waktu kurang lebihnya 25 sampai dengan 30 menit saja.

Kemudian, arahkan kendaraan Anda untuk tetap lurus ke arah Balerang sampai melewati jembatan Barelang 1, 2, dan 3. Di jembatan 3 Barelang ini selain pandangan Anda hanya berfokus pada arah depan, sekali – kali juga lihat pada sebelah kanan Anda. Hal ini karena tidak jauh dari arah jembatan 3, Anda akan melihat petunjuk arah pada sebelah kanannya untuk menuju Pantai Setokok ini.

Selanjutnya, bila Anda sudah sampai pada simpang ini ambillah belok kanan dan ikuti terus jalannya sekitar 3 km. Namun, Anda jangan kaget bila sebelum sampai ke Pantai Setokok, pada sebelah kanan jalan juga ada pantai lainnya, yaitu Pantai Alam Sehat. Intinya, kalau Anda ingin ke Pantai Setokok tetap saja berpedoman pada jalanannya yang beraspal atau juga bisa menggunakan Google Maps.

Selain Pantai Sekilak yang mempunyai ciri khasnya yang unik dimana terdapat batuan terjal yang menghiasi daerah tepi pantainya. Pantai Sekilak juga memiliki beberapa keunikan tersendiri yang membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke pantai ini. Bahkan, tak juga sedikit pula terdapat pengunjung yang berasal dari luar area Pulau Batam.

baca juga : Pantai Melayu

Pantai yang berada di kawasan Pulau Batam, memang selalu dihiasi dengan pasir pantainya yang berwarna putih. Pantai Setokok ini salah satunya yang mana memang terkenal akan pesona dari pasir putihnya. Pantai ini mempunyai hamparan pasir yang luas dengan tekstur pasirnya yang cukup lembut. Sehingga cukup aman bila Anda ingin bermain dengan pasirnya.

Selain itu, hamparan pasir putih di Pantai Setokok ini akan terlihat lebih mempesona bila pada waktu air laut sedang surut. Nah, pada saat inilah, Anda bisa bermain ataupun mengabadikannya pada kamera Anda di hamparan pasir putih yang indah.

Kemudian selain Anda dapat menikmati suguhan apik akan pasir putihnya. Di tempat ini, Anda juga bisa menyaksikan panorama alam bahari yang memanjakkan pandangan Anda. Dengan pesona pasir putih yang luas dan juga lautan biru yang membentang luas serta keindahan akan pulau kecil yang tampak kehijauan, membuat Pantai Setokok ini memiliki panaroma yang indah.

Selain dikenal akan panaroma alam baharinya yang terkesan menenangkan sekali bila dipandang oleh mata. Pada sepanjang perjalanan menuju pantai ini Anda juga akan dibuat terpesona lagi dengan pemandangan perbukitan yang menghijau. Dimana penuh dengan berbagai jenis tanaman, baik itu tanaman yang tumbuh liar ataupun tanaman perkebunan.

Selain itu, ciri khas jalanan menuju pantai ini adalah jalanan yang berkelok – kelok, yang mana membuat sensasi perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan sembari menikmati pemandangan alam perbukitannya yang menghijau.

Kawasan daerah pesisir memang identik memiliki keindahan akan matahari tenggelam yang mempesona. Walaupun terdengar sepele, tetapi alam tak pernah berbohong akan keindahannya mengenai pesona matahari tenggelam yang menjadi penanda waktu siang berganti malam. Pastinya moment ini merupakan moment yang paling berkesan untuk dilihat.