Uncategorized

Pantai Sekunyit

Pantai Sekunyit

Apabila memiliki agenda untuk berlibur ke Bengkulu, ada satu pantai yang wajib anda kunjungi namanya adalah Pantai Sekunyit. Pantai ini terletak di Kabupaten Kaur. Pesona yang dimilikinya sangatlah menawan. Pantai Sekunyit berjarak sekitar 2 KM dari pusat kota di pinggir jalan raya Lintas barat jalur Lintas Sumatera. Jalanan menuju ke pantai ini mengharuskan anda untuk melewati perkebunan kelapa sawit milik warga setempat. Nah, karena sifatnya adalah milik perorangan alias pribadi, maka sulit bagi pemerintah untuk membangun akses jalan ke Pantai Sekunyit. Itulah kenapa, walaupun sudah ada sejak lama namun Pantai Sekunyit baru populer akhir-akhir ini setelah viral di social media.

Pantai Sekunyit terkenal akan pasirnya yang berwarna cokelat. Ketika anda menggenggam pasir tersebut maka akan terasa begitu halus di telapak tangan. Nah, apabila anda mempunyai kemampuan untuk membuat istana pasir, maka bisa menyalurkannya disini.

baca juga : Pantai Linau

Di sekitar pantai berjejer deretan pohon kelapa yang rindang. Anda bisa berteduh disana, menyantap bekal yang sudah dibawa atau dibeli sambil menikmati keindahan Pantai Sekunyit.Air di pantai ini pun sangat jernih. Saking jernihnya anda dapat melihat langsung para ikan karang yang sedang bermain.

Selain akhir pekan, pada hari hari biasa, penduduk banyak yang mendatangi pantai ini ketika sore hari. Apalagi jika cuacanya sedang bagus dan memungkinkan melihat sunset dengan jelas, yang datang pun semakin ramai. Biasanya kebanyakan anak muda lah yang datang pada saat moment tersebut.

Tahukah anda, Pantai Sekunyit tidak hanya dijadikan sebagai tempat wisata saja, namun juga sebagai Sentra tempat dimana berlabuhnya para perahu nelayan sekaligus kegiatan pelelangan ikan. So, intinya pantai ini pun kerap dipadati para penduduk yang ingin membeli ikan. Tidak hanya untuk disantap pribadi, restoran atau pedagang yang memang menjual makanan dengan bahan dasar ikan banyak juga yang membelinya di pantai ini.

baca juga : Pantai Laguna Samudera

Biasanya jenis ikan favorit yang disuguhkan oleh nelayan disana adalah jenis karang, gurita dan juga lobster. Wah, cocok banget deh untuk diolah langsung di pantai ataupun dibawa sebagai oleh-oleh. Apalagi lobsternya, uh, wajib banget buat dibeli. Rasanya super mantul!! Oh, ya, pemerintah Kabupaen Kaur juga sudah membangun beberapa fasilitas untuk menunjang kegiatan pelelangan ikan. Seperti fasilitas jalan setapak yang panjangnya 200 meter dan pondok pendaratan ikan.

Apabila tidak ingin membelinya, dan ingin memperoleh ikan hasil tangkapan sendiri, memancing saja  di pantai ini. Jenis spesies ikannya bermacam-macam, loh. bahkan tak jarang hanya ditemukan dan ada di Pantai Sekunyit saja. Tidak heran jika fishing mania di Bengkulu, kerap memilih Pantai Sekunyit untuk menyalurkan hobi mancing mereka.

Selain sebagai tempat laris manis untuk pelelangan ikan, Pantai Sekunyit juga adalah surga bagi para pecinta surfing. Ombak di pantai ini sangat ideal untuk melakukan kegiatan olahraga tersebut. Hal inilah yang menjadikan wisatawan mancanegara hobi sekali mengunjungi Pantai Sekunyit.