Uncategorized

Pantai Paropo

Pantai Paropo

Danau Toba adalah pesona di Indonesia yang tidak ada habisnya. Mulai dari sudut hingga ke sudutnya lagi menghadirkan rona yang tidak akan pernah terlupakan. Apalagi, akses jalan menuju ke objek wisata ini sudah sangat bagus sehingga, kita bisa mengeksplore seluruh bagiannya. Salah satu bagian yang bisa kita jelajahi dan menjadi kunjungan wajib bagi seluruh wisatawan yang mengunjungi Danau Toba adalah Pantai Paropo. Daya tarik utama yang disajikan disini adalah berbagai macam aktiitasnya. Sehingga, kita tidak akan percaya bila paropo adalah pantai di atas ketinggian.

Sebelum kita mengenal objek wisata ini, marilah kita mengenal terlebih dahulu mengenai Paropo yang merupakan sebuah desa terindah. Tempat paling tepat untuk menikmati Danau Toba. Di desa kecil ini kita bisa menikmati keindahannya hanya dengan duduk-duduk serta menikmati angin-angin sepoi yang hampir setiap saat berhembus. Udara yang sejuk menghadirkan nuansa serta suasana yang sulit sekali untuk di tolak. Dari desa ini pula banyak pengunjung yang sering mengadakan kegiatan untuk mencintai lingkungan. Seperti, bersih-bersih sampah yang terkadang hadir dan membuat suasana menjadi kurang sedap dipandang mata.

baca juga : Pantai Muara Indah

Pantai Paropo terletak di Silahisabungan, Paropo I, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara 22281. Dari Bandara Kualanamu menuju ke objek wisata ini kurang lebih 135 km. Dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam 50 menit. Setelah keluar dari bandara kualanamu ambil jalan menuju ke Tol medan – kualanamu – tebing tinggi sejauh 7 km. kemudian, masuklah ke jalan lintas sumatera hingga 5 km kedepan. Lalu, belok kanan menuju ke Lubuk Pakam – Galang hingga 11 km. Selanjutnya, belok kanan ke Jalan Besar Petumbukan sejauh 51 km. ikuti papan petunjuk yang sudah hadir di jalan ini kurang lebih 30 km. Hingga anda masuk ke jalan Tongging- silalahi sejauh 14 km. Akhirnya, anda akan tiba di Pantai paropo.

Harga tiket masuk yang akan dikenakan di Pantai Paropo adalah 10 ribu rupiah saat weekday. Bila weekend datang tiketnya akan naik menjadi 15 ribu rupiah. Untuk biaya parkirnya anda akan akan dikenakan 5 ribu rupiah bagi yang membawa kendaraan bermotor bila menginap biaya pun akan tambah menjadi 10 ribu. Untuk anda yang membawa mobil, maka uang parkir yang harus dibayarkan adalah 10 ribu rupiah. Jika, anda ingin menginap harganya 20 ribu rupiah.

baca juga : Bagan Percut

Bagi anda yang pernah mengunjungi Danau Ranu Kumbolo pasti akan sepakat bila pantai paropo hampir sama, danau di atas ketinggian. Bila di Pantai Paropo sendiri terletak di atas 1000 mdpl. Menikmati pantai paropo memang tidak hanya dengan berdiam diri dan bermain airnya yang dingin dengan berenang. melainkan, melakukan aktifitas camping ground. Seperti diketahui bersama bila tempat ini memang terkenal dengan camping areanya yang mengesankan.

Tidak salah bila banyak wisatawan akan mengunjungi tempat ini menikmati malam yang dingin diatas ketinggian dengan mendirikan tenda. Lebih berkesan lagi bila malam di Pantai paropo di lalui dengan membakar ikan. Di sini ada sebuah bukit yang bisa kita manfaatkan untuk memancing mencari ikan. Biasanya para warga sekitar pun juga sering memancing disini. Para warga disini sangat ramah dan juga bersahaja sehingga, saat kita duduk bersama menunggu ikan, mereka akan menawarkan sesuatu dan bercengkrama bagaikan saudara. Untuk bisa memancing, anda wajib membawa semua perlengkapan persenjataannya sendiri dari rumah. Karena, di sini belum ada yang mampu menyewakan peralatan hingga makanannya.