Uncategorized

Pantai Pangi

Pantai Pangi

Blitar mungkin tidak besar, juga mungkin tidak begitu terkenal. Meskipun demikian, kota ini menyimpan banyak pesona tempat wisata, salah satunya pantai Pangi Blitar. Blitar adalah satu kota kecil di Jawa Timur yang dikenal sebagai tempat peristirahatan Proklamator RI Ir. Soekarno. Kota ini merupakan kabupaten paling selatan Jawa Timur, tidak heran jika kota ini memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Dengan garis pantai yang panjang, banyak pula wisata pantai yang dapat dikunjungi. Selain pantai, Blitar juga mempunyai Gunung Kelud yang terkenal. Sebagai tempat kelahiran salah satu bapak Proklamator, tentu saja Blitar memiliki jejak sejarah. Belum termasuk situs-situs sejarah yang tersisa di kota ini, Blitar punya banyak destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Dari sekian panjang garis pantai, dari sekian banyak objek wisata pantai yang ramai dikunjungi, ada satu pantai yang mungkin masih baru dikenal namun menyimpan sejuta keindahan. Nama pantai itu adalah Pantai Pangi.

baca juga : Pantai Peh Pulo

Pantai Pangi menyimpan keindahan yang mempesona. Pantai ini berada di cekungan kecil, dengan batu karang yang berdiri kokoh di sisi kiri dan kanan pantai. Sebagai pantai yang berada daerah selatan jawa, tempat ini memiliki karakteristik yang sama dengan pantai lain di jalur selatan yaitu ombaknya yang besar. Namun karena bentuknya yang sedikit cekung dan diapit karang di kanan kiri, pantai ini bisa digunakan bermain air dan berenang (meski anda tetap harus tetap waspada).

Jarangnya pengunjung yang datang membuat pantai ini relatif sepi dan bersih. Kesan alami dan asri langsung terasa ketika anda tiba. Deburan ombak laut berkejaran silih berganti mencapai hamparan pasir putih di bibir pantai. Hamparan pasir putih terbentang indah di sepanjang bibir pantai. Menambah cantik pantai ini adalah deretan pohon pinus yang tumbuh tidak jauh dari bibir pantai. Pohon-pohon pinus yang rimbun seolah menyediakan tempat bersantai dan berteduh dari teriknya sinar matahari sambil tetap menikmati keindahan suasana sekitarnya.

baca juga : Gua Embultuk

Kombinasi hijaunya pohon pinus dikombinasi dengan birunya laut memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung pantai ini. Selain pantai dan deretan pohon pinus, Pantai Pangi memiliki sebuah keistimewaan lain yang jarang ditemukan di objek wisata lain. Keistimewaan itu adalah adanya muara sungai yang membentuk telaga payau. Jika anda berjalan ke arah karang di sebelah kiri pantai, anda akan menemukan telaga ini.

Telaga yang cukup luas ini biasa digunakan untuk berenang dan membasuh diri setelah lelah bermain air di pantai. Air nya yang tenang, jernih dan menyegarkan membuat anda betah berendam di telaga. Telaga ini bertambah indah dengan adanya pohon-pohon bakau di sekeliling telaga. Batang nya yang menjulang tinggi ke langit dan akar yang menancap menembus permukaan air mencitrakan pesona keindahan tersendiri.