Uncategorized

Pantai Pandan

Pantai Pandan

Pantai Pandan terletak di pantai Sibolga, yang secara administratif termasuk di Desa Pandan, Kecamatan Pandan, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Sejak Tapanuli Tengah memisahkan diri dari Sibolga dan menjadi daerah mandiri, pariwisata lokal mulai dipelihara dan fokusnya dimulai dari daerah Pandan sebagai ibukotanya. Kini fasilitas seperti hotel dan pusat jajanan mulai dibangun bagi wisatawan.

Pandan adalah pantai yang indah dengan air biru jernih dan pepohonan rindang. Pasirnya sangat halus, bermain di sekitar pantai dengan kaki telanjang bisa menjadi pilihan yang menarik, atau bersepeda di sekitar pantai dan berjemur di bawah sinar matahari akan menyempurnakan hari Anda.

baca juga : Pantai Indah Kalangan

Gelombang di Pantai Pandan kecil, airnya tenang sepanjang tahun karena pantai ini secara geografis terletak di teluk. Gulungan ombak ganas dari Samudera Indonesia melemah ketika tiba di Pandan Beach. Namun, ada cerita menarik tentang budaya lokal. Karena lokasi Sibolga dan Tapanuli Tengah dekat dengan perbatasan Sumatera Barat, warga sehari-hari juga terkena dampaknya. Bahasa Batak diucapkan bercampur dengan bahasa Minang, dan ini menghasilkan aksen baru dan unik saat didengar.

Ombak di Pantai Pandan yang kecil sehingga sangat cocok untuk berenang atau bermain pasir. Jika Anda kurang tertarik pada aktifitas air, Anda dapat berjalan dengan kaki telanjang di sepanjang pantai sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya. Fasilitas yang tersedia di pantai yaitu Warung dan restoran yang menjual beragam makanan dan minuman, Toko-toko yang menjual souvenir yang terbuat dari kerang atau binatang laut lainnya, Tempat parkir yang luas, Penyewaan ban renang dan perahu.

baca juga : Pantai Kade Tigo

Di sepanjang Pantai Pandan terdapat banyak rumah makan yang menjual makanan seafood yang dimasak dengan gaya khas daerah Sibolga atau Pandan. Ikan gulai yang lezat dengan kuah santan yang kental merupakan ciri khas daerah ini. Juga terdapat PIA hotel yang berdiri megah dengan view yang menghadap langsung ke pantai

Untuk mencapai Lokasi Pantai Pandan sangat mudah. Tersedia Penerbangan langsung dari Jakarta ke Sibolga atau dari Medan ke Sibolga. Dari Bandara Dr. F. L. Tobing yang ada di sibolga, Anda dapat naik angkutan umum atau carter mobil menuju arah pusat kota. Pantai Indah Pandan berada tepat di pinggir jalan lintas ke arah pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Apabila Anda berada dari Pusat Kota Sibolga, Anda dapat naik angkutan umun menunju Pandan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.