Uncategorized

Pantai Nongsa

Pantai Nongsa

Pulau Batam tidak hanya terkenal sebagai pulau paling luar di Indonesia bagian barat yang hanya berjarak beberapa mil dari negara kecil Singapura dan menjadi tempat singgah utama bagi barang-barang impor sebelum didistribusikan ke seluruh Indonesia. Sebagian besar orang mengunggulkan pulau di Provinsi Riau ini sebagai pusat ancang-ancang menuju Singapura dengan tiket murah, namun untuk apa harus pergi ke negeri orang apabila di Indonesia saja menyimpan berbagai surga alam yang patut kita syukuri dan nikmati.

Salah satu surga wisata alam tersebut bahkan terletak di Pulau Batam. Yap, pulau yang dikenal sebagai customs check island ini memang terbilang kecil dan lokasinya yang terpisah dari satu di antara tiga pulau terbesar di Indonesia, Pulau Sumatera. Pulau Batam dikelilingi berbagai laut luas mulai dari laut Riau hingga wilayah teritorial negara tetangga karena letaknya tidak jauh dari selat Singapura.

Salah satu Pantai yang terkenal dengan keindahan dan eksotisme nya di Pulau Batam adalah Pantai Nongsa. Siapa pun yang berniat menyeberang menuju Singapura akan berpikir dua kali ketika melihat surga alam dengan keajaiban keasrian air dan ekosistemnya dan tentu akan lebih memilih menghabiskan waktu di Pantai nan eksotis ini.

baca juga : Pulau Mubut

Diambil dari nama seorang tokoh Melayu yang membangun kota Batam yang kini menjadi kota indusri, Pantai Nongsa ini terkenal akan ombak biru laut nya, hamparan pasir putih yang luas, jajaran terumbu karang hingga arena outbond dan pemandangan Pulau Sumatera dan Singapura yang nyata.

Pantai sepi yang jauh dari suasana ramai perkotaan ini tidak hanya menyajikan berbagai fasilitas alam mulai dari air laut yang natural, hamparan pasir putih, rimbunan pohon dan pemandangan luar biasa saja namun tentu nya terdapat fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan mulai resort mewah dengan lapangan golf, rumah makan, ATM, kamar mandi, mushola dan tempat parkir luas.

Namun, dikarenakan memang lokasi nya yang jauh dari perkotaan, Pantai yang letaknya kurang dari 20 menit menuju pusat perbelanjaan, kampung Melayu dan kamp pengungsi Vietnam ini tidak memiliki lifeguards sehingga kewaspadaan tetap diutamakan meskipun banyak warga lokal dan pengelola resort yang berjaga di sana.

Pantai Nongsa ini tidak hanya menampilkan pemandangan atas laut yang menakjubkan namun juga bawah laut nya yang masih natural dan asri sehingga sangat direkomendasikan bagi setiap pengunjung untuk menyelam mengarunginya dengan ekosistem laut yang menyihir setiap pasang mata.

baca juga : Ocarina Batam

Pemerintah kota menyajikan dermaga yang membuat pengunjung sekilas serasa berada dalam film Manchester by the Sea dengan hutan kecil buatan yang menambah nuansa eksotis. Dermaga ini dibuat tidak lain adalah agar pengunjung dapat melihat lebih dekat suasana ramai kapal-kapal mancanegara yang transit di pelabuhan dekat.

Berbeda dengan Pantai-Pantai lain yang saat malam justru pemandangan tidak nampak, bonus bagi pengunjung di Pantai Nongsa yang akan disuguhkan kerlap-kerlip cahaya lampu nan mempesona. Terletak setengah jam dari negara kecil yang sibuk yaitu Singapur dan geografis nya sebagai pulau transit utama menjadikan posisi nya menguntungkan dengan gemerlap lampu yang akan terlihat.

Bagi pulau yang terletak di wilayah paling ujung Indonesia ini memang tidak heran bahwa sunset nya akan begitu mempesona di tambah dengan kedamaian suasana yang dapat dinikmati baik dari dermaga, resort mewah mau pun di bawah pohon kelapa.

Sangat disayangkan apabila pengunjung tidak memanfaatkan momen. Setengah jam dari Singapura, terlepas dari Pulau Sumatera, dikelilingi kapal mancanegara, ombak laut, pasir putih, snorkeling dan batu karang menjadikan Pantai ini memiliki banyak spot foto yang luar biasa.

Pantai Nongsa Batam merupakan ikon kebanggaan masyarakat Indonesia sebagai bukti bahwa Indonesia merupakan tempat bagi surga-surga yang tersembunyi akan keasrian dan keindahan serta bonus geografis nya yang menguntungkan.