Uncategorized

Pantai Mutiara

Pantai Mutiara

Ketika membahas soal tempat wisata di Jakarta, wisata alam salah urutan yang kita taruh paling belakang. Yang ada dalam bayangan biasanya wisata Monumen, wisata Museum, ataupun wisata taman bermain dengan teknologi. Seperti Monas, kota tua, atau Ancol. Namun siapa sangka, Jakarta ternyata masih menyisakan sudut pantai yang indah. Yang dinikmati sepenuhnya karena keindahan pantai. Bukan karena keseruan atraksi- atraksi wisata yang sengaja dibuat dengan menggunakan teknologi. Salah satu pantai yang masih menyisakan ruang itu adalah Pantai Mutiara di Jakarta Utara.

Pantai mutiara berada di dalam area perumahan mewah. Walau demikian pantai ini bisa dijadikan alternatif untuk berburu sunset. Karena lokasi yang privat, tidak heran masih sedikit orang yang mengetahui pantai ini. Namun justru di situ enaknya. Pengunjung bisa bebas dengan nyaman menikmati suasana pantai tanpa terlalu banyak orang.

baca juga : Sopo Tinjak

Pantai Mutiara terletak di Jalan Pantai Mutiara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pantai Mutiara berada di kawasan perumahan yang sangat dekat dengan laut dan luasnya sekitar 100 ha. Di sana juga dibuat perumahan elit dengan dermaga pribadi di belakang rumah. Konsep perumahan di Pantai Mutiara mirip perumahan Hollywood dengan konsep pantai Untuk memasuki tempat ini, harus masuk ke dalam komplek yang dijaga oleh satpam. Tapi tidak masalah. Pengunjung tetap boleh masuk, asal membuka kaca helm maupun kaca mobil.

Pantai ini mulai diijinkan untuk dikunjungi oleh selain penghuni kompleks perumahan, mulai jam  5 Pagi. Sampai akhirnya pengunjung akan dipersilakan pulang pada jam 8 Malam. Waktu-waktu ini bisa berubah pada moment tertentu. Misalnya ada acara pesta, perayaan,  atau sejenis di area sekitar pantai. Pantai ini gratis untuk siapa saja, meskipun bukan penghuni di komplek perumahan tersebut. Pengunjung yang datang diharapkan menjaga kebersihan pantai dan tidak membuat kegaduhan. Begitu pukul 8 tiba, para pengunjung akan dipersilakan pulang oleh para petugas keamanan di sana.

baca juga : Lubuk Larangan

Biasanya Pantai mulai didatangi pengunjung pada pukul empat sore. Mereka yang datang ke pantai ini, bisa memarkir kendaraan di depan pantai. Jika ingin menikmati pemandangan sambil makan makanan ringan, sebaiknya membawa sendiri. Karena tidak ada pedagang makanan dan minuman ringan di sekitar pantai.

Bisa dibilang pantai ini dibagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama adalah pantai dengan pepohonan dan tembok setinggi 50cm. Di bagian tersebut juga disediakan bak pasir untuk bermain anak. Bagian kedua adalah areal bangunan restoran, club, mushola, markas TNI AL. Dan bagian paling akhir adalah taman dengan pohon kelapa.