Uncategorized

Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting

Bekasi memang dikenal dengan suasana panas akibat padatnya kendaraan dan perindustrian sebagai bonus dari ibukota Jakarta, namun syukurnya kota ini juga dikelilingi berbagai Pantai yang mampu menghibur baik warga lokal hingga inter lokal dalam menikmati kesejukan dan sepoi-sepoi angin Pantai dan salah satu Pantai tersebut adalah Pantai Muara Beting. Pesona Pantai ditambah dengan biru ombak laut, hamparan pasir cokelat yang bersih dan halus serta rimbun nya pepohonan yang menghiasi Pantai ini membuat orang sulit percaya bahwa di salah satu kota yang terkenal karena kemacetan ini terdapat wisata alam yang begitu menakjubkan dengan Panorama yang elok dan cantik membuat Pantai Muara Beting ini disebut sebagai mutiara kota Bekasi.

Pantai Muara Beting ini menjadi tempat pelarian yang cocok pagi para penghuni kota Bekasi mau pun dari wilayah lain yang ingin sejenak lari dari rutinitas terutama kejenuhan suasana kota dengan hanya menginjakan kaki di bibir Pantai yang sekilas mirip Pantai-Pantai terpencil di wilayah Timur Indonesia dimana Pantai-Pantai tersebut layaknya Pantai Muara Beting seperti jarang dijamah umat manusia. Karena lokasi nya jarang dikunjungi, Pantai yang umum nya didatangi para pemuda pemudi serta pelancong ini tidak memiliki banyak fasilitas umum sebagaimana Pantai lain yang terdapat fasilitas plus seperti, namun terbilang cukup karena sudah dilengkap hanya mushola, kamar mandi hingga berbagai warung makan yang menjual aneka makanan khas laut serta berbagai tempat duduk kayu ala vintage.

baca juga : Pantai Muara Bendera

Harga tiket yang ditawarkan guna memasuki wisata alam ini terbilang murah yaitu cukup dengan hanya Rp 20.000 untuk dapat memasuki wisata yang merangkap tiga keistimewaan mulai dari Pantai, hutan lindung migrasi burung hingga konservasi hutan mangrove. Harga tiket masuk dari setiap pengunjung tentu akan diakumulasikan sebagai perawatan tempat wisata serta pelestarian hutan lindung dan mangrove. Apabila ingin mengunjungi hutan mangrove pengunjung juga hanya akan dikenai tariff yang sama seperti harga tiket masuk yaitu Rp 20.000 guna membayar ongkos perahu sebagai satu-satu nya akses ke hutan mangrove tersebut.

Fasilitas alam nya tidak hanya menyediakan Pantai eksotis yang jauh dari keramaian serta udara sejuk dan ombak menakjubkan saja, namu Pantai Muara Beting ini juga merupakan rumah bagi hutan bakau dengan luas tanah kurang lebih 70 ha serta lokasi nya sebagai habitat burung laut yang singgah dalam perjalanan migrasi yang menjadikan Pantai ini juga sebagai kawasan hutan lindung yang ditetapkan pemerintah. Para pengunjung akan makin dimanjakkan apabila berkunjung pada rentan dari bulan November hingga Februari karena pada masa itu lah migrasi burung dari Samudera Pasifik dan Laut China Selatan menghiasi cakrawala Pantai Muara Beting ini dimana tentu ada larangan keras bagi siapa saja yang tega memburu burung-burung nan elok ini.

baca juga : Pantai Mekar

Tidak hanya itu saja, Pantai ini juga dihiasi dan dilengkapi oleh konservasi hutan mangrove yang membyat suasana nya lebih sejuk dan damai dimana untuk mencapai lokasi ini diperlukan perahu motor yang disediakan penduduk lokal dengan tarif yang murah dan terjangkau untuk wisata bersejarah di Pantai dengan bonus wisata alam ini.

Selain kawasan hutan lindung bagi burung imigran, konservasi hutan mangrove dan hamparan pasir cokelat yang bersih dan jernih nya air laut, pengunjung juga akan semakin dimanjakkan dengan jajaran batu karang dan ombak sedang yang tidak berbahaya sehingga dapat dinikmati dan dijadikan sebagai spot foto terbaik terutama bagi para penikmat dunia fotografi atau hanya untuk berselfie ria.

Sabana memang identik dengan daerah pegunungan namun di akibat rimbun pepohonan di Pantai Muara Beting orang-orang tidak percaya bahwa tempat seperti sabana ini terletak di kota Bekasi dengan cuaca Panas yang khas dan menjadikannya sebagai salah satu wisata yang paling ingin dituju di tahun 2018 ini berkat rerimbunan pohon yang juga disebut sebagai saban Pantai.