Uncategorized

Pantai Lamaru

Pantai Lamaru

Tidak banyak pantai yang dapat kita temui di Kalimantan karena struktur tanah di pulau ini rata-rata berawa dan lumpur sehingga menyebabkan banyak dari bagian pinggir laut di pulau Kalimantan di tumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan bakau.

Bagi penduduk Kalimantan, khususnya penduduk Kalimantan Timur, wisata pantai adalah wisata yang langka, dan akan sangat menyenangkan apabila terdapat pantai yang dekat dengan pusat kota. Mengingat luasnya daerah Kalimantan Timur, maka akses menuju lokasi pantai yang dekat akan menjadi nilai lebih. Dengan akses yang mudah, objek wisata pantai tentu akan menjadi primadona tujuan wisata pantai bagi wisatawan lokal terlebih pada hari-hari libur.

Salah satu pantai yang menarik dan banyak dikunjungi adalah Pantai Lamaru, sebuah pantai dengan pasir putih yang indah dan pemandangan unik yang tesaji di sepanjang pantai ini.

baca juga : Menara Siger Lampung

Objek Wisata Pantai Lamaru

Tidak sulit menyebutkan nama pantai-pantai yang terdapat di Kalimantan Timur karena jumlahnya yang sangat sedikit sehingga memungkinkan untuk dihitung hanya dengan jari. Tetapi jumlahnya yang sedikit tidak serta-merta menjadikan pantai-pantai di Kalimantan tidak menarik.

Pantai Lamaru adalah contohnya, pesona Pantai Lamaru sangat terkenal bagi wisatawan lokal. Pantai Lamaru memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan beberapa pantai yang ada di Kalimantan Timur.

Bagi Anda yang sering berlibur bersama teman atau keluarga, Pantai Lamaru merupakan pilihan tepat dan sempurna. Pantai ini menawarkan banyak keamanan, kelebihan inilah yang menjadi daya tarik dan primadona tujuan wisata pantai untuk keluarga.

Salah satu kelebihan pantai ini dibandingkan dengan pantai yang lain adalah kelandaian pantainya, pasir putih yang memenuhi pantai dengan air laut yang dangkal hingga beberapa puluh meter. Kelebihan itu semakin lengkap dengan bibir pantainya yang luas sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan bermain, seperti bermain bola, voli pantai dan lain sebagainya. Jangan takut untuk mengajak putra-putri Anda bermain air laut, kondisi gelombang yang sangat bersahabat alias kecil akan memberikan rasa aman tersendiri bagi para orang tua untuk mengajak anak-anak mereka bermain-main dengan air laut.

Jika Anda menyapukan pandangan Anda menuju daratan, hal unik lainnya dari Pantai Lamaru akan tersaji. pantai lamaru kalimantan timurDeretan rimbun pohon cemara yang hijau dan sejuk akan tersaji. Jika di pantai-pantai lain pada umumnya Anda akan menemukan pohon kelapa yang menghias pantai maka di Pantai Lamaru rimbunnya pohon cemara hijau nan menakjubkan akan memenuhi pandangan Anda.

Di Pantai Lamaru selain Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai, juga tedapat kuda dan andong yang dapat Anda sewa untuk berkeliling menikmati suasana pantai dan hijaunya pohon cemara.

Terdapat banyak warung-warung di pinggir Pantai Lamaru yang menyediakan penyewaan ban, kapal kayuh (yaitu sejenis perahu yang dijalankan dengan dikayuh seperti sepeda), banana boat dan lain sebagainya.

baca juga : Pantai Batu Bengkung

Kuburan Jepang di Pantai Lamaru

Tidak banyak yang tahu bahwa Kuburan Jepang merupakan cagar budaya yang dilindungi oleh Undang-undang Tentang Cagar Budaya.

Jika Anda berniat untuk mampir dan menambah wawasan serta pengalaman, Anda dapat mengunjungi Kuburan Jepang yang kebetulan letaknya tidak terlalu jauh. Jika Anda berjalan dari Pantai Lamaru, tidak jauh dari Pantai Lamaru jaraknya sekitar 150 meter Anda akan menemukan jalan setapak yang bagus. Dalam perjalanan Anda akan melewati sebuah rumah panggung khas Kalimantan. Tidak jauh dari rumah itu Anda akan menemukan pintu gerbang Kuburan Jepang.

Kuburan Jepang adalah sebuah kuburan tentara Jepang yang tewas pada perang dunia ke-II. Selain kuburan terdapat juga sebuah tugu peringatan bertuliskan huruf kanji. Kuburan Jepang ini dikelola oleh Yayasan Sakura Balindo yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Balikpapan.