Uncategorized

Pantai Kemala

Pantai Kemala

Balikpapan merupakan kota pelabuhan terbesar di pesisir timur Pulau Kalimantan. Kota ini menjadi kota terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Samarinda, ibukota provinsi tersebut. Aroma industri kental di Balikpapan, namun di balik itu semua tersimpan pesona pariwisata memukau.

Balikpapan ternyata punya satu pantai cantik yang akan menggoda traveler, Pantai Kemala namanya. Saat mampir ke sini, traveler dijamin akan jatuh hati.

baca juga : Pantai Manggar Segarasari

Kemala adalah pantai bersih yang dipenuhi beberapa kafe dan restoran, dan suasana santai. Jika Anda perlu istirahat dari hutan (perkotaan atau alami), ini adalah pilihan lokal terbaik Anda. Meskipun panas di tengah hari, Anda mungkin tidak ingin berenang di perairan yang tercemar dengan tanker minyak duduk di lepas pantai.

Waktu yang paling asyik untuk berkunjung ke Pantai Kemala tentu saja saat menjelang sore tiba. Sembari menanti momen matahari terbenam, traveler bisa membunuh waktu dengan berjalan-jalan, bermain air hingga berwisata kuliner.

baca juga : Hutan Pinus Samboja

Kamu dapat bersantai diatas pasir atau menikmati beragam kuliner dengan berbagai pilihan mulai dari hidangan laut hingga makanan barat. Ada beberapa warung makanan yang beroperasi di pantai ini. Harganya pun cukup terjangkau untuk kantong traveler. Roti bakar misalnya, dengan harga mulai Rp 7.000 dan minuman botol sekitar Rp 5.000 saja.

Di samping menikmati pemandangan, kamu juga dapat menemukan penyewaan alat olahraga air seperti banana boat dan jet ski. Dengan harga IDR 25,000 per orang untuk banana boat dan IDR 850,000 per jam untuk jet ski.

Pantai ini biasanya ramai pada akhir pekan atau musim liburan karena lokasinya yang strategis. Tak jauh dari Pantai Kemala ada Lapangan Merdeka dan Tugu Australia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai Kemala juga bertetangga dengan Pantai Melawai yang ternyata tak kalah cantiknya.

Pantai Kemala terletak di pusat kota Balikpapan, yaitu di Jalan Sudirman. Untuk menjangkau pantai ini, traveler dapat menggunakan transportasi umum yaitu angkot nomor 03 bertarif Rp 3.000 dengan warna putih-biru muda, rutenya Terminal Batu Ampar–Pelabuhan Semayang.

Traveler tinggal minta turun saja di RS Bhayangkara, karena jalan masuk ke pantai ini bersebelahan dengan rumah sakit tersebut. Biaya masuk ke pantai ini sekitar Rp 1.000 saja untuk pejalan kaki. Bersama travel Makassar, liburanmu di Balikpapan juga akan lebih mudah. Apalagi, terdapat travel murah Makassar yang siap memberikan pelayanan maksimalnya.