Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Keliling Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Keliling Indonesia,  Wisata Nusantara

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong Kebumen adalah pantai ikonic Jawa Tengah. Pantai Karang Bolong Kebumen memiliki pasir hitam campuran, ada yang halus dan kasar. Pasir pantainya cukup luas untuk menutupi bagian tepi pantai sehingga kontur dari pantai ini menjadi landai. Batas pantai berupa perbukitan dan kelompok batuan unik, membuat keindahan yang ada semakin menawan.

Karena arus baliknya yang kuat, sebaiknya bagi para pengunjung untuk tidak berenang, karena dikhawatirkan akan ikut tersapu ombak saat arus balik tiba. Walaupun begitu, pengunjung masih bisa melakukan aktifitas lain, seperti berjalan menyusuri sepanjang pantai, bersepeda, dan memancing.

baca juga : Pantai Jogan

Disini terdapat goa yang sangat terkenal karena keberadaan sarang walet didalamnya. Goa Karang Bolong ini berada disebelah timur pantai. Panjang gua ini mencapai 30 m dengan lebar 10 m dan tingginya 5 m.

Satu hal yang harus diketahui bahwa di Pantai Karang Bolong terdapat sarang walet, yang jika ingin memanennya harus melakukan ritual dahulu. Jika tidak maka mala petaka yang akan terjadi. Ritual itu tak hanya sekedar sesaji tapi juga pertunjukan wayang.

Pantai Karang bolong Kebumen ini, berada di Desa Karang bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jaraknya dari Kota Kebumen sekitar 40 Km sebelah barat daya.

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Karang Bolong Kebumen sangatlah murah. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 perorang. Dengan harga yang cukup murah ini pengunjung sudah bisa eksplore seluruh lokasi wisata pantai Karang bolong ini.

Harga tiket masuk tersebut belum termasuk harga parkirnya. Untuk biaya parkir pantai Karang bolong ini Rp 5000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk biaya parkir mobil.

Daya Tarik Pantai Karang Bolong Kebumen

Meskipun jarak antara Pantai Karangbolong dengan kota Kebumen cukup jauh, namun pantai ini merupakan rekomendasi terbaik dengan segala fasilitas dan keindahan alam yang ditawarkan. Juga memilki daya tarik wisata yang beraneka ragam. Berikut ini beberapa daya tarik pantai karang bolong Kebumen, yang bisa menjadi alasan kenapa harus datang ke lokasi wisata satu ini.

baca juga : Palalangon Park

Pesona Pantai

Pantai Karang bolong kebumen dikelilingi oleh batu karang yang berlubang. Lubang karang itu timbul akibat abrasi air laut maupun angin. Hal ini mengingatkan apda objek wisata terkenal di Indonesia, seperti Tanah Lot Bali, Pantai Papuma Jember, dan beberapa pantai-pantai lain yang berlatar pegunungan dan bukit kapur, dan memiliki kumpulan bebatuan karang.

Pesona perbukitan karang yang berlubang di wilayah pantai memang memiliki pesona tersendiri. Bentuk karang yang unik dan ikonik membuat pantai dengan bukit karang ini sangat cocok dijadikan untuk lokasi berfoto ataupun hanya untuk sekedar mencuci mata saja.

Batu Karang Berlubang

Mengunjungi Pantai Karangbolong, maka tak akan lengkap tanpa mengunjungi si karangbolong. Karangbolong merupakan kata –kata dalam bahasa jawa, apabila diartikan kedalam bahasa Indonesia, Karangbolong berarti batu karang yang berlubang.

Seperti namanya, karang bolong merupakan ikon lokasi Pantai Karang Bolong. Karang bolong tersebut terletak di sebelah timur bagian Pantai Karang Bolong. Karang bolong ini berupa sebuah gua batu karang yang berada di tepi pantai dengan panjang 30 meter, lebar 30 meter dan tinggi 5 meter.

Piknik Di Pinggir Pantai

Seperti halnya pantai pada umumnya yang memiliki banyak pepohonan palem yang tumbuh di pinggiran pantainya. Pantai Karangbolong memiliki banyak pohon kelapa yang tumbuh menjulang tinggi di pinggir pantai.

Pohon –pohon kelapa ini membuat sebagian wilayah pantai terasa sejuk dan amat cocok digunakan untuk tempat bersantai dan melepaskan penat usai bermain di pinggir pantai.

Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga atau dengan rombongan, dapat menggelar tikar piknik dan menikmati santapan piknik. Makan akan terasa sempurna dengan  sambil mengamati keindahan pantai pasir putih dan karang –karang unik berlubang di Pantai Karang Bolong.

Susur Pantai Dengan Perahu

Tak hanya spot wisata alam saja yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di kawasan wisata Pantai Karangbolong. Pesona Pantai Karangbolong pun dapat Anda nikmati dari tengah laut. Pengunjung  apat menikmati wahana berupa perahu atau banana boat untuk menyusuri Pantai Karangbolong melalui tengah laut.

Sensasi menegangkan berperahu dan menantang ombak pantai selatan akan memacu adrenalin menjadi lebih cepat. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menikmati wahana ini pun tak terlalu mahal. Namun harus tetap pintar –pintar dalam bernegosiasi untuk menyewa perahu tersebut.

Kebanyakan harga penyewaan didasarkan pada kesepakatan penyewa dan pemilik perahu.

Upacara Ritual “Unduh Sarang Walet”

Tak hanya keindahan alam saja yang mempesona di Pantai Karangbolong ini. Ada juga tradisi yang dilakukan di wilayah ini yang menjadi suguhan yang tak boleh terlewatkan. DI pantai ini banyak ada gua. Sehingga lokasi ini menjadi habitat yang bagus untuk ribuan burung walet.

Setiap kali musim panen sarang burung walet, masyarakat setempat selalu mengadakan upacara ritual “Unduh Sarang walet” sehari sebelum dilakukannya panen sarang burung walet. Upacara itu tidak terlepas dari mitos yang dipercayai masyarakat lokal.

Selain itu ritual ini juga bertujuan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat terhadap segala kekayaan dan karunia yang diberikan oleh sang pencipta. Dengan adanya ritual ini, Pantai Karang bolong sangat cocok bagi yang ingin mengetahui tradisi.