Uncategorized

Pantai Kamali

Pantai Kamali

Pantai Kamali tidak hanya menawarkan pemandangan pantai tanpa cacat, tapi juga menunjukkan betapa sibuknya perahu. Dengan ombak yang kuat dan angin kencang, Kamali mewakili kemegahan alam.

Pantai Kamali memiliki ikon, yaitu Patung Kepala Naga. Seperti namanya, itu adalah monumen yang berbentuk kepala naga dan warnanya hijau. Bahkan ada ekornya yang terletak terpisah, yang ada di dekat Kantor Walikota. Karena pemandangan lautnya yang indah, pantai ini telah menjadi tempat wisata. Pantai ini memberi banyak kesempatan bagi fotografer untuk memotret objek tersebut. Bahkan para pemula pun akan takjub karenanya.

Disepanjang pantai Kamali, pengunjung akan menemukan taman yang tertata rapi dan sangat nyaman untuk berjalan santai bersama keluarga. Bibir pantai ini memang dibangun taman dengan step foot yang mengikuti bibir pantai sehingga tidak ada pasir yang landai menuju laut

baca juga : Pantai Nirwana

Selain keindahan laut yang mempesona, Pantai Kamali juga menawarkan atraksi lainnya. Misalnya, kelompok penjual lokal menawarkan berbagai jenis barang. Ini termasuk mainan, makanan, jam tangan, DVD, makanan ringan.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Karena letaknya yang ada di pusat kota, transportasi menuju lokasi ini sangat mudah. Semua mode transportasi bisa dipakai. Mulai dari angkutan umum, mobil, sepeda motor, bahkan sepeda gayung. Bagi pengunjung yang datang dari arah jalan pahlawan cukup mengikuti Jalan Pahlawan sampai menemukan perempatan yang menghubungkan Jalan Diponegoro dengan Jalan Anoa, belok kiri menuju arah Jalan Sultan Hassanudin, sampai jalan balai kota.

Bagi pengunjung yang datang dari arah Jalan Anoa bisa langsung menuju arah Jalan Martadinata agar lebih dekat. Pantai Kamali tepat berada di samping kiri Pelabuhan Murhum jika dari arah timur. Berbeda dengan pengunjung yang datang dari arah Jalan Betoambari. Dari Jalan Betoambari lurus ke utara sampai Jalan Batara Guru kemudian belok ke kiri menuju Jalan Wolter Mangonsidi. Dari Jalan Wolter Mangonsidi lurus sampai ujung dan berakhir pada Jalan Yos Sudarso kemudian belok kanan.

Pantai Kamali berada tepat di depan Universitas Dayanu Ikhsanudin Kota Bau-Bau sampai belokan Jalan  Mohammada Husni Tamrin. Bila tidak ingin direpotkan dengan jalanan Kota Bau-Bau, pengunjung bisa menyewa mobil travel yang siap mengantarkan sampai lokasi tujuan.

baca juga : Air Terjun Samparona

Dari segi fasilitas, Pantai Kamali terletak di dekat beragam hotel dan restoran dengan harga yang berbeda. Menurut penduduk setempat, makanan terbaik untuk dicoba adalah makanan laut dan Kobuto. Mengenai fasilitas publik, disini tersedia sangat memadai. Mulai dari toilet, mushola, tempat istirahat berupa bangku taman, hingga wifi Gratis.

Di sepanjang pantai Kamali, pengunjung akan menemukan taman yang tertata rapi dan sangat nyaman untuk berjalan santai bersama keluarga. Bibir pantai ini memang dibangun taman dengan step foot yang mengikuti bibir pantai sehingga tidak ada pasir yang landai menuju laut. Namun ada beberapa lokasi yang masih disisakan pasir untuk keperluan tertentu seperti irigasi atau untuk taman bermain anak. Masyarakat kota Bau-bau seringkali menggunakan  jalur pejalan kaki disepanjang Pantai Bau-Bau untuk olahraga pagi mulai dari berjalan kaki hingga berlari kecil

Suasana pagi Pantai Kamali sangat segar dengan semilir angin pagi pantai yang sejuk. Olahraga pada pagi hari di Pantai tidak hanyamenyehatkan tubuh, namun juga menyehatkan pikiran dan mata. Agar suasana pantai tetap sejuk meski berada di pusat Kota Bau-Bau, pengelola pantai menanam pepohonan berupa pohon kelapa yang berjajaran disepanjang pantai. Adanya pohon tersebut selain sebagai perindang dan penyejuk juga menambah kesan keindahan padataman maupun pantai yang eksotis. Pantai Kamali sekilas mirip dengan pantai California, Amerika Serikat.

Pantai ini akan berubah menjadi tongkrongan yang sangat asyik pada malam hari. Menjelang matahari terbenam adalah saat yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Kamali yang indah ini. Panorama sang surya yang perlahan tengah menuju peristirahatan nya begitu menakjubkan. Suasana malam di Pantai Kamali mungkin tidak segemerlap dengan suasana malam di kota besar lainnya, namun pantai ini menjadi tempat wisata malam bersama keluarga.Di pantai ini terdapat arena bermain untuk anak-anak, mainan anak-anak yang dijual, makanan ringan yang dijual dan lain-lain.

Pada malam hari, banyak masyarakat terutama muda-mudi yang mengunjungi pantai. Di sepanjang Pantai dipasangi lampu terang benderang berwarna-warni yang menambah gemerlap pantai di tengah kota Bau-bau. Terlebih lagi bila malam minggu tiba, jika beruntung pengunjung dapat menemukan pertunjukan jalanan. Seperti konser musik mini atau sekelompok orang yang memainkan alat musik yang merdu. Gemerlap malam Pantai Kamali sudah terkenal bahkan sampai ke luar negeri.