Uncategorized

Pantai Kahona

Pantai Kahona

Pantai Kahona yang berada di Desa Lobu Tua, Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah, diyakini sebagai pantai paling indah di Sumatera Utara. Pantai yang memiliki pasir putih yang halus dan deretan kelapa serta rumput hijau semakin menambah keindahan dan keasrian Pantai Kahona.

Pantai Kahona ini masih alami dan terjaga karena lokasinya yang memang berada cukup jauh dari pusat Kota Sibolga. Walaupun jaraknya yang cukup jauh, Pantai Kahona tetap ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai kota terutama pada akhir pekan dan hari libur.

baca juga : Luwuk Banggai

Nama Pantai Kahona oleh penduduk setempat diyakini berasal dari Bahasa India yaitu “Kaho Na”. Pada zaman dahulu, daerah ini yang merupakan bagian dari Kecamatan Barus pernah menjadi pusat perdagangan dunia dan menjadi lokasi persinggahan pedagang-pedagang dari India dan Arab. Pada saat itu, pedagang India masuk ke daerah Barus untuk membeli kapur barus dan kemenyan yang menjadi komoditi andalan utama daerah ini.

Pengunjung yang datang ke Pantai Kahona tidak dipungut biaya, cukup hanya membeli beberapa makanan dan minuman yang ditawarkan oleh penjual. Beberapa fasilitas seperti pondok-pondok tempat peristirahatan, rumah makan, dan lapak-lapak kecil tempat berjualan beragam makanan dan minuman sudah disiapkan warga setempat untuk menambah kenyamanan pengunjung.

baca juga : Pemandian Alam Parsariran

Dengan potensi alam yang luar biasa, sangat disayangkan belum dikelola maksimal. Infrastruktur di daerah ini belum memadai, seperti jalan menuju pantai ini masih kecil dan memprihatinkan. Pantai Kahona sangat cocok bagi Anda yang mencari ketenangan dengan panorama alam yang menakjubkan. Karena air yang jernih, pasir yang halus dan ombak yang cukup tenang di Pantai Kahona sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin berenang. Apabila Anda adalah orang yang cukup sabar, Anda dapat mencoba memancing ikan dengan menggunakan perahu nelayan setempat.

Kabupaten Tapanuli Tengah di Provinsi Sumatera Utara dapat diakses baik melalui udara atau darat. Ada penerbangan harian Garuda Indonesia dari Bandara Kuala Namu Medan ke Bandara Pinangsori di Sibolga.Penerbangan ini memakan waktu sekitar 30 penerbangan menit.  Garuda juga terbang langsung langsung dari Jakarta, Anda  dapat juga naik Wings Air dari Bandara Kuala Namu Medan. Dari Kota Sibolga ambil jalan ke arah utara Kota Sibolga di Jalan Sibolga – Barus.