Uncategorized

Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro terletak di Dusun Ringinsari, Ds. Ringinrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar. Berada tepat di samudera hindia dan bentang pantai yang bisa dibilang paling luas di Blitar membuat pantai jolosutro memiliki ombak yang besar, ditambah lagi pasir hitam yang melimpah membuat sebagian orang enggan untuk mengunjunginya ketika siang hari. Setiap tahunnya. ribuan orang memadati pantai Jolosutro untuk mengikuti ritual Melasti menjelang nyepi.

Dengan bentang pantai yang luas, pantai jolosutro ini memiliki banyak perbedaan di setiap bagiannya. Pada bagian timur terdapat muara sungai yang tak begitu besar alirannya ketika kemarau, selain itu juga terdapat pepohonan cemara udang yang cukup rimbun dan rapat sehingga sejuk untuk berteduh. Sedangkan di bagian tengah, terdapat pepohonan cemara udang tidak begitu rapat namun cenderung lebih tertata sehingga bisa memandang lebih luas. Agak ke barat terdapat semacam kolam yang memiliki banyak jenis ikan dan mulai ditanam mangrove di sekitarnya. Sedangkan pada bagian paling barat bisa dibilang gersang namun ada beberapa onggok batu yang memiliki bentuk kotak-kotak bentukan alam yang menakjubkan. Sisi ini tidak banyak dikunjungi orang karena biasanya cenderung malas untuk mencapainya.

baca juga : Pantai Pangi

Untuk mandi di pantai jolosutro sangat tidak disarankan, lebih baik ke pantai pangi apabila memang berniat untuk bermain air di pantainya. Untuk camping? Memungkinkan sebenarnya, terdapat kamar mandi dengan air tawar di sekitar pantai. Sedangkan penjual makanan tidak terlalu ramai hanya tampak beberapa warung yang jumlahnya kurang dari 10. Akses jalan yang cukup mudah bahkan bisa dibilang hampir yang paling mudah di wilayah Blitar ini membuat orang biasanya membawa gerobak untuk berjualan di pantai ini ketika akhir pekan.

Kendaraan roda dua hingga elf long pun bisa sampai lokasi, sedangkan untuk bus besar belum bisa digunakan untuk sampai ke pantai. Apabila anda menggunakan kendaraan roda dua, bisa berhenti di perbukitan sebelum sampai pantai untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan.

baca juga : Pantai Peh Pulo

Pantai Jolosutro ini juga bisa menjadi jujukan wisata kuliner. Terutama kamu yang suka dengan seafood . Menu andalan warung makan di sekitar pantai Jolosutro adalah sate gurita dan ikan laut bakar. Ikan bakar di sini harganya sekitar Rp 25.000,- komplit dengan nasi dan lalapan timun. Jika, kamu pesan ikan bakar, kamu harus rela menunggu selama 1 jam. Bukan karena antre, tapi memang cara memasaknya emang begitu. Namun, akibat pembakaran yang lama dengan bara api yang kecil, tekstur ikan bakar disini crunchy banget (bukan gosong, lho ya) tapi lembut di dalam. Tapi kalau pengen cepet ya pesen aja ikan goreng.

Jika kamu berlibur ke pantai Jolosutro ini, kamu tidak disarankan mandi/berenang di laut ya. Tapi jika kamu pingin mandi, kamu bisa coba mandi di muara sungai yang berada di sisi timur pantai Jolosutro. Tenang aja, sungainya lumayan dangkal. Jadi gak perlu khawatir ada buayanya.