Uncategorized

Pantai Gorah

Pantai Gorah

Panorama alam di Pantai Gorah tak kalah indahnya dengan Pantai Modangan. Pasir pantai yang kecoklatan justru membuat pantai ini semakin menawan. Vegetasi di sekitar pantai ini juga masih lebat, sehingga memberikan background hutan yang alami. Hal itu masih ditambah lagi dengan suasana teluk yang tenang dan panorama Gunung Lanang yang samar-samar terlihat di kejauhan.

Keberadaan Pantai Gurah belum banyak dikenal oleh masyarakat, bahkan oleh penduduk Kecamatan Wates sendiri. Pantai Gurah merupakan sebuah teluk yang relatif sempit yang terdapat pada salah satu garis pantai Samudera Hindia. Dengan pantai Jalasutra, teluk ini terletak berdampingan dan dipisahkan oleh sebuah tanjung sempit yang berupa igir bukit yang cukup terjal.

baca juga : Air Terjun Ondo Rante

Pantai Gorah atau Gurah terletak di sebelah barat Pantai Modangan, Desa Tugurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Lokasi pantai ini masih tersembunyi bahkan warga Kecamatan Wates sendiri kurang mengenal Panti Gorah. Pantai Gorah belum dikenal sebagai tujuan wisata dan hanya menjadi tempat berlabuhnya perahu-perahu nelayan. Secara umum pantai Gurah terletak pada sebuah lekukan yang dikelilingi oleh perbukitan dengan kemiringan yang cukup terjal. Pada saat ini perbukitan disekitar pantai Gurah besar telah digunduli dan dikelola oleh masyarakat sebagai lahan pertanian. Sementara itu, bagian yang relatif datar pada bagian teluk vegetasinya masih cukup rapat dan alami bahkan masih terkesan belum banyak terjamah.

Bisa dibilang rute perjalanan ini hampir tidak bisa didiskripsikan. Rute umum untuk menuju pantai ini kurang lebih sama dengan rute munuju Pantai Jolosutro. Bedanya, setelah sampai di persimpangan arah Wates dan Jolosutro, kami berbelok ke arah Wates. Kami pun menyusuri jalanan yang ada hingga menjumpai perempatan pasar Wates. Kemudian kami berbelok ke kanan dan mengikuti jalanan beraspal hingga pemukiman terakhir di Dusun Wonosari Desa Tugurejo. Sesampai di pemukiman terakhir kami diberi arahan oleh penduduk setempat untuk menyusuri JLS. Mungkin hanya rute dari Blitar hingga JLS yang dapat kami jelaskan. Selebihnya jika benar-benar ingin menyambangi pantai ini silahkan berkutat dengan JLS yang membingungkan. Rajin lah bertanya dan tunjukkan naluri petualangan mu

baca juga : Air Terjun Tundolawe

Secara umum panorama pada kawasan ini cukup menarik, terutama bagi para wisatawan yang menginginkan kenampakan / pemandangan yang masih alami. Karena sifat-sifat alami dari suatu pantai masih dapat dinikmati pada kawasan ini. Dari teluk yang sempit tersebut dapat diamati igir perbukitan yang mengapit teluk tersebut vegetasinya relatif masih rapat.

Di kejauhan dari pantai dapat diamati sebongkah batu besar yang menyembul dari permukaan air laut yang menyerupai sebuah pulau kecil. Pada bagian belakang dari pantai pasir yang relatif sempit dikawasan ini dilatar belakangi oleh pepohonan hiterogen yang masih rapat dan tampaknya belum banyak terjamah oleh manusia. Melalui sela-sela pepohonan inilah terdapat jalan setapak untuk menuju ke pantai.