Uncategorized

Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung merupakan mutiara dalam untaian keindahan khasanah pariwisata Malang. Keindahan pantai-pantai di Malang Selatan sudah tidak diragukan lagi. Pantai Batu Bengkung adalah salah satu pantai unik yang wajib dikunjungi ketika berwisata di kota Malang. Pantai Batu Bengkung yang terletak di Desa Gajahrejo, yang kini menjadi cagar alam yang dilindungi.

Pantai yang berada di jajaran pesisir selatan pulau jawa ini mempunyai ciri khas yaitu ombak pantai yang besar dan tinggi. Ombak pantai bisa mencapai 2 sampai 3 meter, sehingga tidak aman untuk berenang. Tapi tidak usah merasa rugi karena tidak bisa berenang.

Pantai ini menawarkan keunikan yang mungkin tidak bisa temukan dengan obyek wisata lainnya, yaitu saat ombak pantai mulai pasang akan ada kolam renang alami yang sangat luas di bibir pantai.

Kolam ini terbentuk akibat ada cekungan sedalam 1,5 meter dan airnya berasal dari ombak yang membawa air ke tepian pantai. Air ini terhalang untuk kembali ke laut oleh batu karang yang membentang sepanjang pantai.

Air di kolam sangat jernih dengan aksen warna hijau toska. Kolam renang alami ini lama-kelamaan akan hilang saat air laut surut. Pengunjung bisa berenang bebas dengan suasana udara yang tenang dan di temani ikan-ikan kecil yang beraneka ragam sebelum airnya surut.

Pantai ini juga memiliki bukit karang. Bukit ini bisa menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama sunset yang sangat eksotis. Dari atas bukit pengunjung dimanjakan oleh hamparan samudra Hindia yang membentang luas.

baca juga : Pantai Kemala

Sejarah Nama Pantai Batu Bengkung

Istilah nama Batu Bengkung itu sangat erat berkaitan dengan batu-batuan yang mengelilingi sekitar pantai. Yang membuat jadi menarik, gugusan batu batuan itu berbentuk melengkung dan menyerupai wanita yang sedang dalam keadaan di bengkung.

Bengkung itu sendiri adalah sebuah nama lain dari sabuk panjang, yaitu kain panjang semacam selendang yang dipakai oleh ibu-ibu jawa. Biasanya setelah melahirkan, mereka melakukan teknik bengkung.

Teknik bengkung dilakukan untuk merampingkan kembali perut seorang wanita yang setelah melahirkan.

baca juga : Pantai Manggar Segarasari

5 Hal Menarik di Pantai Batu Bengkung

Pantai cantik ini dinamai Batu Bengkung karena memiliki gugusan karang yang membentang di antara dua bukit dan membendung hempasan ombak yang berlari menuju pantai. Gugusan karang tersebut melindungi pantai dari hempasan ombak Laut Selatan. Selain gugusan karang. Keberadaan Gugusan karang di depan pantai, membuat banyak pengunjung yang berimajinasi kalau ini adalah raja ampatnya Malang.

Selain gugusan karang mempesona itu, Pantai Batu Bengkung juga memiliki hal-hal menarik lainnya yang membuat jadi betah berlama-lama di pantai ini.

Kolam Air Asin Alami

Kolam air asin di Pantai Batu Bengkung tidak bisa ditemui setiap saat. Kolam ini hanya muncul saat air laut sedang pasang. Untuk pengunjung yang berkeinginan merasakan sensasi berendam di kolam air asin, atur jadwal kunjungan agar bertepatan dengan waktu ombak Pantai Batu Bengkung sedang naik atau pasang.

Kolam air asin terbentuk dari cekungan yang memisahkan pantai dan gugusan karang. Air ombak yang dipecah gugusan karang akan masuk ke dalam cekungan dan secara alami membentuk sebuah kolam.

Pemandangan Sunset

Sunset merupakan pemandangan yang banyak diburu orang ketika mereka berkunjung ke pantai. Keindahan bulatan matahari yang perlahan menyelam ke dalam lautan dengan meninggalkan guratan jingga di langit biru, memang tiada dua nya.

Bisa dikatakan, Pantai Batu Bengkung adalah salah satu pantai yang menyajikan pemandangan matahari terbenam yang indah. Pemandangan ini tentu saja tak kamu dapatkan di semua pantai di Malang. Pasalnya, Pantai Batu Bengkung adalah salah satu pesisir yang menghadap langsung ke arah Barat.

Tebing Karang

Untuk pengunjung yang suka tantangan, cobalah untuk mendaki tebing karang yang ada di Pantai Batu Bengkung. Saat mendaki tebing, pengunjung akan melewati jalan setapak yang sempit dan terjal. Kalau merasa kesulitan mendaki tanpa alat, tenang saja karena di tebing tersebut telah disediakan tali pembantu ketika memanjat.

Dari atas tebing karang pengunjung bisa melihat hamparan laut biru yang cantik dan bukit-bukit kecil yang indah. Panorama pantai juga terlihat lebih menawan dari atas tebing ini. Dari atas tebing ini pengunjung bisa melihat panorama Pantai dengan lebih baik lagi.

Berkemah

Untuk pengunjung yang merencanakan kunjungan lebih dari 1 hari, berkemah adalah pilihan tepat. Selain lebih hemat daripada menyewa hotel, berkemah juga bisa memerikan pengalaman unik.

Ada banyak pilihan untuk lokasi kemah. Selain mendirikan tenda di atas hamparan pasir putih pantai, ada sebuah spot yang bagus sekali untuk berkemah sekaligus menikmati sunset Pantai ini. Lokasi itu ada di bukit yang terletak di Barat Daya. Mendirikan tenda di bukit ini akan memberikan pengalaman liburan yang tidak terlupakan.

Pasir Putih

Pantai Batu Bengkung memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas. Di atas pasir ini, kalian bisa duduk-duduk santai sambil menikmati angin pantai yang segar. Saat musim liburan, banyak pengunjung yang mendirikan tenda dan bermalam di atas pasir Pantai Batu Bengkung.