Uncategorized

Pantai Ajibata

Pantai Ajibata

Danau Toba, danau vulkanik ini sudah tidak asing di telinga kita, karena merupakan salah satu destinasi pariwisata kebanggaan Indonesia yang telah mendunia. Jika kita berbicara tentang pesona Danau Vulkanik ini tentu tidak akan ada habisnya, sebab di danau ini banyak sekali objek wisata yang bisa kita kunjungi dengan dilatar belakangi oleh keindahan perairan danau yang membentang dengan luas, seperti pantai air tawar, hutan lindung, pegunungan, museum dan objek wisata sejarah, perkampungan khas Toba, hingga wisata budaya seperti pertunjukkan Boneka Sigale-gale. Semua objek wisata tersebut selalu menarik untuk dikunjungi, terlebih lagi semua objek wisata ini masing-masing mempunyai ciri khas yang sangat menarik.

Salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Danau Toba adalah Pantai Ajibata. Tentunya sebagian besar wisatawan hanya mengetahui bahwa Ajibata adalah sebuah dermaga yang terletak di gerbang masuk menuju Danau Toba dan mengakses perjalanan ke daerah-daerah lain di sekitar Danau Toba seperti desa Tomok maupun Pulau Samosir.

baca juga : Bukit Tarabunga

Entah dari mana awal penyebutan pantai ini Pantai ” Long Beach ” , yang jelas pantai ini tidak terlalu panjang seperti Pantai Panjang di Bengkulu atau gugusan pantai Kuta Legian Seminyak. Begitulah penduduk Ajibata menyebutnya ” Long Beach ‘. Pantai berpasir yang panjang hanya kurang lebih dari 300 meter ini menawarkan sajian wisata pantai lebih baik dari pantai dari kota tetangganya Parapat yang cenderung kebanyakan berbatu, memang di Parapat ada beberapa pantai yang berpasir tapi statusnya ” private beach ” Namun, ternyata tidak hanya itu saja sebab di kawasan Ajibata bukan hanya terkenal dengan dermaga, namun terdapat juga sebuah pantai yang indah dan sangat eksotis. Bahkan merupakan salah satu destinasi pariwisata yang wajib dikunjungi apabila berada di Danau Toba.

Pantai Ajibata, mungkin nama ini cukup populer di kalangan wisatawan lokal, meskipun sesekali juga terlihat beberapa wisatawan yang memadati objek wisata yang satu ini. Terletak di Kabupaten Toba Samosir yang merupakan daerah dataran tinggi Sumatera Utara, tepatnya di tepi perairan Danau Toba yang merupakan danau air tawar.

baca juga : Bukit Senyum

Tentunya Pantai Ajibata ini tidaklah sama seperti halnya pantai-pantai lainnya yang terdapat di kawasan dataran rendah yang bercuaca panas karena pantai ini tentu saja juga berair tawar, apalagi letaknya tepat di dataran tinggi dengan nuansa pegunungan yang menjadikan cuaca ini di daerah ini begitu sejuk. Sehingga apabila Anda berada di pantai ini, maka nuansa yang berbeda akan Anda rasakan.

Pantai Ajibata merupakan pantai yang paling ramai dikunjungi di Danau Toba, selain aksesnya yang mudah dicapai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, di pantai ini juga telah terdapat ragam fasilitas yang lengkap yang khusus disediakan bagi wisatawan yang berkunjung.