Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Keliling Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Keliling Indonesia,  Wisata Nusantara

Mangrove Brebes

Mangrove Brebes

Hutan mangrove Brebes adalah salah satu contoh sukses penghijauan pesisir pantai. Lahan seluas 200 hektar ini sudah menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi 2 juta lebih pohon mangrove atau bakau di Pandansari Brebes.

Hutan Bakau bukan hanya bermanfaat untuk menanggulangi abrasi tapi juga efektif untuk benteng hidup ketika terjadi tsunami. Terlebih, ekosistem pesisir pantai akan lebih alami dengan keberadaan hutan bakau uang memancing biota laut untuk berkembang biak.

baca juga : Galaxy Waterpark

Setelah hutan bakau Pandansari Brebes ini kembali hijau, satwa liar pun kembali berdatangan seperti burung bangau, udang, reptil hingga ikan. Manfaat lain selain mendapatkan hasil laut yang semakin bertambah juga tambahan dari potensi wisata trekking hutan mangrove.

Penataan rumah makan dan warung jajan di sepanjang jalur tracking sangat baik. Semuanya terlihat teratur dan natural dengan konsep bangunan semi permanen dari bambu. Pelayanan para pedagang dan petugas juga ramah kepada setiap pengunjung.

Trekking Hutan Mangrove

Wahana ini merupakan wahana favorit dan menjadi andalan di Hutan Mangrove Brebes Pandansari. Sudah banyak pengunjung yang puas setelah mengunjungi kawasan ini pasca melakukan trekking di hutan Mangrove. Setelah naik kapal menuju ke sini, pengunjung dapat menikmati suasana hutan yang asri.

Bukan hanya memiliki suasana yang asri, pengunjung juga dimanjakan dengan fasilitas trekking yang nyaman. Tidak seperti daerah wisata alam yang memerlukan begitu banyak usaha untuk mencapainya. Disini pengunjung cukup melewati jalanan kayu yang nyaman. Ditambah sesekali ada hewan-hewan yang muncul ketika berjalan.

baca juga : Srambang Ngawi

Konservasi Fauna

Sebagai wisata edukasi mangrove Brebes sedang berkembang. Di lokasi pariwisata ini pun sedang dikembangkan Taman Kupu-Kupu. Walaupun tidak terlalu besar karena lokasi ini memang merupakan kawasan Hutan mangrove.

Selain sedang dikembangankan wahana edukasi Taman kupu-kupu, di kawasan ini pun sedang dikembangkan taman burung untuk para pengunjung. Jadi semakin betah untuk berlama-lama disini.

Selain itu burung bangau habitat asli hutan bakau juga sering hinggap di sekitar hutan. Pengunjung bisa melihat dan mengabadikan spesies burung ini.

Spot Foto

Untuk menyesuaikan dengan kecenderungan minat para pengunjung objek wisata, Hutan mangrove dengan luas kurang lebih 250 ha ini pun terdapat beberapa spot foto instagramable.  Pengunjung bisa berfoto di beberapa titik spot foto instagramable buatan bahkan bisa berfoto di tengah-tengah rimbun tanaman mangrove.

Bagi pencinta foto-foto salah satu tempat foto ikonik adalah jembatan pink. Selain jalur trekking yang terbuat dari kayu-kayu yang ditutupi rimbunnya tamanan bakau.

Jika pengunjung ingin melakukan foto pre wedding, wisata mangrove ini bisa menjadi tempat alternatif.  Calon pengantin tidak perlu khawatir untuk memikirkan biaya sewa tempat. Pengelola tidak meminta biaya tambahan untuk melakukan pre wedding. Calon mempelai hanya membayar tiket masuk seperti pengunjung lainnya.