Uncategorized

Lorong Watu

Lorong Watu

Sebuah destinasi wisata alam yang sangat unik dan memanjakan mata juga paru-paru kita. Sebuah sungai berdinding batu kanan dan kiri serta air jernih berkilauan dengan air terjunnya yang di beri nama lorong watu (dalam bahasa Jawa, karena disana banyak warga trans yang aslinya dari Pulau Jawa) yang artinya lorong batu yang kemudian cara penyebutannya diplesetkan oleh para pengujung yang rata-rata anak muda menjadi lorong watu, menjadi objek wisata baru di Kelurahan Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara. Lorong Watu merupakan wisata alam yang hanya berupa sungai dengan derasnya air mengalir yang sangat jernih ditambah bebatuan yang terukir alami, lorong dengan panjang lebih kurang 300 meter ini, terdapat 5 tingkatan.

Objek wisata alam tersebut disebut Lorong Watu karena sisi kiri dan kanan sungai yang oleh warga disebut Kali Kemumu itu berdinding batu setinggi empat sampai lima meter. Objek wisata ini dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dari kota Argamakmur, Ibu Kota Bengkulu Utara dan membutuhkan waktu 1,5 jam berkendara roda dua dari Kota Bengkulu. Untuk menuju lokasi pengunjung disarankan memerkirkan kendaraannya diperkarangan rumah warga dipinggir jalan raya sebab kondisi jalan tanah dikhwatirkan sulit dilalui kendaraan terutama saat hujan sebab jalan tanah itu berlumpur dan licin.

baca juga : Pulau Enggano

Lorong watu memiliki beberapa tingkatan yang mana setiap akhir tingkatan terdapat lubuk untuk kita berenang ataupun sekedar bermain air dan bercanda lepas bersama rekan, sahabat, pacar maupun keluarga. Beberpa air terjun mini juga menambah keindahan objek wisata yang mengandalkan wahana air sebagai aktifitas utama.

Kedalaman air di setiap lubuk hanya sebatas dada orang dewasa. Namun, tak semua kedalaman lubuk disetiap tingkatan tersebut setinggi dada orang dewasa. Bagi pengunjung yag takut dengan dalamnya air, bisa melewati jalur pinggir dari destinasi lorong watu tersebut. Jika tidak ingin bermain air hanya sekedar melihat-lihat lorong watu, kita dapat menyisiri bagian atas lorong watu tersebur hingga tingkat penghujung lorong tersebut.

baca juga : Pantai Ujung Batu

Dibagian atas lorong watu ini, terdapat tatanan watu (batu red) yang berbentuk seperti tempat duduk yang tertata rapi. Selain sekedar menikmati jernihnya air dan sejuknya udara yang belum terkontaminasi dengan polusi di lokasi ini, terdapat juga komunitas yang berselancar di lokasi Lorong Watu dibawah naungan Karang Taruna Kelurahan Kemumu.

Disarankan juga kalau bermain di sana tidak terlalu lama, karena suhu air gunung yang sangat dingin ditambah dengan suara air terjun yang deras dan kuat dipantulkan dari tebing–tebing dan bebatuan besar disekelilingnya akan membuat sakit gendang telingan kita.

Derasnya air yang mengalir di sungai ini kemudian akan menghantarkan anda untuk tiba di lokasi indah air terjun yang terbilang tidak terlalu tinggi. Pastinya hal ini akan membuat anda tidak sabar untuk berrmain dengan dinginya air yang mengalir di sungai tersebut. Jadi, untuk anda yang hobi travelling mencari tempat-tempat wisata alam yang unik dan memanjakan mata serta mendapatkan momen seru saat liburan, kini saatnya anda mengunjungi lorong watu argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara tersebut bersama teman, pacar ataupun keluarga tercinta.