Uncategorized

Lau Mentar Canyon

Lau Mentar Canyon

Asingkah temen-temen dengan nama lau mentar canyon? Mari kita intip kembali surga tersembunyi dari kawasan Kabupaten Deli Serdang. Lau mentar canyon menambah deretan surga tersembunyai di Sumatera utara dan lebih tepatnya terletak di Desa Rumah Liang, Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang, disinilah letaknya lau mentar canon itu teman-teman.  Teman-teman bisa memulai start perjalan dari medan – Deli Tua -Talun Kenas -Desa Siguci – STM Hilir -Tiga Juhar -Desa Rumah Liang. Waktu untuk sampai ke Lau Mentar Canyon sekitar  2-3  Jam dari Kota Medan.

Tak susah bukan untuk mengapai tempat itu?, dan tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk sampai kesana,  hanya saja temen-temen harus memiliki kaki sekuat gajah dan tenaga sehebat samson, dan kendaraan yang siap sedia menjadi galau karena jalanan yang kurang bersahabat. Karena perjalan menuju TKP (tempat kejadian perkara) tak semulus itu teman-teman. Perjalan dari medan memang cukup menyenangkan, tapi hati-hati jika teman-teman sudah sampai jembatan lau luhung atau diasanya dikenal dengan jembatan tiga juhar yang lumayan panjang sepeti dibawah ini, maka bersiap-siaplah petualangan sesungguhnya akan segera dimulai.

baca juga : Pemandian Pantai Salju

kita harus menempuh jalanan yang sangat jelek cukup panjang, jalanan yang bisa berubah menjadi lumpur saat hujan, dan sebagian jalanan lagi kita harus bertemankan dan bersahabatkan dengan bebatuan yang cukup membuat ban sepeda motor rontok jika motor anda bertipe scuter. Dan setengah dari perjalanan kita akan hanya menikmati hutan-hutan, tanpa rumah penduduk sama sekali jadi jangan coba-coba nekad pergi kesana sendiri ya teman-teman.

Kebayangkan  teman-teman gimana jadinya nanti! tapi jangan dibayangin dinikmati saja dan itu ternyata seru abis. Eits.. bukan sampe situ aja temen-temen perjalan untuk sampai ke lokasi juga gak kalah capeknya karena kita harus berjalan kaki, kita harus melewati beberapa spot yang cukup curam dan sedikit memacu adrenalin. Tapi, ketahuilah teman-teman itu semua seketika hilang dan terbayar saat kita mulai merasakan aroma harum rerumputan yang dicumbui oleh pesona air yang berwarna biru. Suara air yang bernyayi. Tebing-tebing tinggi yang selalu ditemani oleh rerumputan yang selalu setia menemani tanpa lelah.

baca juga : Pemandian Sungai Sembahe

Lau mentar canyon dengan segala daya tarik dan pesonanya banyak menawarkan keeksotisan yang susah diungkapkan mulai dari lembah yang dialiri sungai dengan air bercampur belerang sehingga warna airnya biru keputihan yang mampu membuat mata memadangnya tanpa berkedip. Air terjun yang selalu mengeluarkan irama kedamaian, Goa yang membuat ketenangan hati, untuk bersemedi juga cocok teman-teman hihihi, kincir air yang bisa membuat kita mengingat kembali masa-masa kecil.

Semua itu tersaji dan terpampang dengan jelas betapa indahnya pesona alam negeri ini yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Silahkan nikmati dan dijaga untuk anak cucu kita nanti. Salam lestari dari bumi pertiwi.