Uncategorized

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Kota Semarang merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Tengah yang juga menjadi salah satu pusat tujuan wisata baik wisatawan lokal maupun internasional. Salah satu objek yang terkenal adalah Kota Lama Semarang.

Kota Lama Semarang merupakan sebuah kawasan yang penuh dengan bangunan-bangunan era kolonial. Uniknya, walau bangunan-bangunan ini sudah berusia 200-300 tahun,  banyak diantarabnya yang masihd alam kondisi sangat baik dan berfungsi normal.

baca juga : Kantor Pos Besar Semarang

Kota Lama Semarang sudah ramai semenjak abad ke 17. Saat itu kawasan kota lama merupakan salah satu pusat perdagangan di Indonesia. Pada abad ke 18 hingga ke 19, banyak pedagang Cina dan juga Arab memenuhi kota Semarang.

Pelabuhan Semarang merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia saat itu. Bangunan-bangunan yang berdiri megah di kawasan kota lama, menjadi saksi dan bukti dari kejayaan Semarang di era itu.

Di kawasan Kota Lama Semarang bisa dinikmati bangunan-bangunan dengan arsitektur era kolonial yang kental. Terlihat juga pada jalannya yang tidak diaspal melainkan menggunakan tehel yang memang semenjak dulu menjadi pertanda kawasan Kota Lama. Dalam kawasan Kota Lama tersebut masih ada beberapa bangunan ikonik.

baca juga : Gereja Blenduk

Bangunan ikonik itu antara lain Gereja Blenduk yang dibangun abad 18 dan Jembatan Mberok yang dibangun pada abad ke 17.

Beberapa bangunan lama era kolonial juga ada yang dialihfungsikan untuk kantor, seperti Gedung Balai Kota yang kini menjadi Gedung Keuangan PAPAK. Juga gedung Gouvernements yang awalnya merupakan gedung Societiet De Harmonie yang kini menjadi Bank Mandiri KC Mpu Tantular.

Fasilitas Pendukung Pariwisata di Kota Lama Semarang

Fasilitas publik pendukung wisata di kota lama semarang ini terbilang lengkap dan baik. Fasilitas Mushola, jalan, Toilet, sampai tempat sampah tersedia dalam jumlah memadai dan dengan kondisi baik.

Fasilitas berbayar seperti  rumah makan, juga tersedia. Bahkan untuk café tempat makan dan minum di kawasan ini tergolong unik. Karena selain sebagai tempat makan minus, bangunan cafe itu sendiri adalah sebauh objek wisata, karena dibangun dengan mengalihfungsikan gedung gedung tua.

Sejarah Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang  adalah suatu kawasan di kota semarang yang menjadi pusat perdagangan pada abad ke 19-20. Pada masa itu, untuk mengamankan warga dan wilayahnya, VOC ,e,bangun benteng di kawasan itu, yang dinamai benteng Vijhoek.

Untuk mempercepat jalur perhubungan antar ketiga pintu gerbang dibenteng, maka dibuat jalan-jalan perhubungan. Jalan utama di dalam benteng dinamai : Heeren Straat. Saat ini bernama Jl. Let Jen Soeprapto. Salah satu lokasi pintu benteng yang ada sampai saat ini adalah Jembatan Berok, yang disebut De Zuider Por. Luas kawasan ini sekitar 31 hektare.

Dilihat dari kondisi geografi, tampak sepertinya kawasan ini terpisah dengan daerah sekitarnya, sehingga tampak seperti kota tersendiri dengan julukan “Little Netherland”. Kawasan Kota Lama Semarang ini merupakan saksi bisu sejarah Indonesia masa kolonial lebih dari 2 abad.