Uncategorized

Kepulauan Hinako

Kepulauan Hinako

Surga wisata bahari di Indonesia bukan hanya Kepulauan Raja Ampat, tapi masih banyak lagi yang lain, karena Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki pulau terbanyak di dunia sekaligus memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia. Salah satu objek wisata bahari dengan pesona yang memukau tersebut adalah Kepulauan Hinako yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara.

Sebanyak delapan pulau, tiga diantaranya masih belum berpenghuni, kesemuanya memiliki daya tarik yang luar biasa, baik dari sisi keindahan alamnya maupun aktifitas seru yang memanjakan para wisatawan. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Kepulauan Hinako memiliki ombak yang besar dengan ketinggian 4 – 7 meter dan panjang hingga 200 meter. Itu sebabnya banyak turis mancanegara utamanya yang gemar surfing berkunjung ke kepulauan ini untuk dapat menikmati sensasi berselancar.

baca juga : Pulau Bawah

Berbagai jenis terumbu karang dan habitat laut yang menghiasi kawasan perairan di Kepulauan Hinako menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar diving dan snorkeling. Terlebih perairan di kepulauan ini memiliki air yang sangat jernih. Begitu juga dengan berbagai jenis ikan yang hidup di Kepulauan Hinako, menjadi surga bagi penggemar fishing yang dapat memuaskan hobby mereka di sejumlah spot pemancingan, baik yang berada di sekitar pesisir pantai maupun di tengah laut. Untuk yang menggemari aktifitas trekking, menjelajah kedelapan pulau yang ada di sini bakal memberikan keasyikan tersendiri, karena kedelapan pulau tersebut terbilang masih alami sekaligus menyuguhkan panorama yang eksotis.

Meski Pulau Hinako dan Pulau Asu merupakan pulau yang paling populer, namun daya tarik yang dipancarkan Kepulauan Hinako tidak hanya bersumber dari kedua pulau tersebut, tapi juga dari enam pulau yang lain, karena masing-masing pulau memiliki daya tarik tersendiri. Berikut pesona yang ditebarkan kedelapan pulau yang ada di Kepulauan Hinako.

baca juga : Pulau Hamatula

Pulau utama sekaligus paling besar di Kepulauan Hinako ini dikelilingi perairan yang jernih dengan air laut berwarna turquoise yang menawan. Menjadi pulau utama di Kepulauan Hinako bukan hanya karena ukurannya yang paling besar, tapi juga karena menawarkan aktifitas yang paling lengkap diantara pulau-pulau yang lain, mulai dari trekking, surfing, fishing, diving dan snorkeling.

Dihuni oleh 20 KK, pulau dengan luas 18 km2 ini hampir sama seperti Pulau Hinako yang memanjakan wisatawan dengan keindahan alam dan berbagai macam aktifitas seru. Di sini juga dapat ditemui tempat penangkaran lobster yang hasil budidayanya dapat dibeli oleh wisatawan untuk dimasak di area penangkaran atau dibawa pulang. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, tersedia sejumlah cottage yang disewakan dengan tarif mulai dari Rp 200.000 hingga jutaan rupiah permalam.