Pemandangan Curug Malela
Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Tempat hiburan malam,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus

Keindahan Pemandangan Curug Malela

Keindahan Pemandangan Curug Malela

Keindahan Pemandangan Curug Malela – Curug Malela mempunyai nama terkenal, The Little Niagara. Panggilan ini datang dari Bentuk curug yang melebar, hingga seperti dengan Niagara di Tepian Amerika-Canada. Keberadannya dulu yang terpencil serta seadanya sekarang mulai didandani dengan beberapa sarana.

Curug Malela atau dalam bahasa Indonesia bermakna Air Terjun Malela mempunyai sumber air terjun yang datang dari hulu sungai sisi Utara Gunung Kendeng. Satu gunung berapi yang terdapat di samping barat Ciwidey yang sudah mati. Sungai itu selanjutnya mengalir melewati sungai cidadap – Gunung Halu.

Curug Malela Bandung yang mempunyai ketinggian seputar 60 mtr. dengan lebar curug sampai 70 mtr.. Curug mempunyai 5 buah jalan air terjun yang akan terlihat sekali keindahan dan kemegahannya yang benar-benar memesona siapa juga yang menyaksikannya.

Curug Malela ialah air terjun teratas dari barisan 7 air terjun. Dengan cara beruntun, 6 air terjun yang lain ialah Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir, serta yang paling bawah ialah Curug Pamengpeuk.

Unutk dapat nikmati ke semua air terjun lainnya, pengunjung perlu menginap. Untuk fasilitas, bisa bermalam di dalam rumah masyarakat atau penginapan di Desa Rongga.

Tempat dan Rute Ke arah Curug Malela

Tempat dan Rute Ke arah Curug Malela

Alamat Curug Malela Terdapat di tepian dengan Kabupaten Cianjur. Persisnya di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Jaraknya dari lapangan terbang Husein Sastranegara Bandung ialah 78 KM atau 3 jam berkendara. Sesaat dari Stasiun Bandung jaraknya ialah 72 Km.

Rute Untuk berkunjung ke tempat obyek wisata air terjun malela ini sebetulnya cukup gampang. Lebih setiba di Desa Cicadas, telah ada masyarakat ditempat yang bersedia jadi guide atau memandu pengunjung ke arah tempat air terjun malela ini.

Dari tempat kantor Desa Cicadas yang pada akhir minggu jadikan tempat parkir kendaraan, jarak ke arah tempat Curug Malela ini masih sejauh 3 kilometeran lagi. Spesial buat pemakai sepeda motor, dari tempat desa kita harus tempuh setapak selebar 1 mtr. sejauh 2 km. melewati area tempat Perhutani.

Seputar 1 km. dari tempat air terjun, sepeda motor yang anda gunakan harus diparkir dalam tempat yang telah disiapkan. Dari sana, kita setelah itu harus berjalan kaki sejauh seputar 1 km, dengan keadaan udara teritori yang masih tetap alami, udaranya bersih dan sejuk.

Baca Juga : Tempat Wisata di Indonesia

Bila mnegguankan kendaraan umum, Dari Terminal Leuwipanjang, dapat naik angkot jurusan Cimahi/ Cililin. Sampai di Cililin, turun selanjutnya meneruskan perjalanan dengan naik bis jurusan Gunung Halu/ Buni Jaya.

Sesampainya di Terminal Buni jaya, meneruskan perjalanan dengan kendaraan berbentuk ojek ke arah desa Cicadas. Setelah tiba di Cicadas, tinggal meneruskan perjalanan ke tempat Curug Malela dengan berjalan kaki.

Jam Buka dan Harga Ticket Serta Sarana Curug Malela

Jam Buka dan Harga Ticket Serta Sarana Curug Malela

Curug Malela membuka tiap hari pada jam 08.00 sampai jam 17.00.

Harga ticket masuk air terjun malela, tiap pengunjung akan dikenai ongkos Rp.10.000/orang. Sedang untuk biaya parkir kendaraan bermotor ialah Rp.2.000 untuk motor serta Rp.5.000 untuk mobil.

Sebaga penambahan, buat anda yang naik ojek ke arah Air Terjun Malela, biaya atau tarifnya sekali jalan ialah Rp.30.000.

Baca Juga : Taman Kiara Artha Park

Kecuali panorama alam yang indah, curug ini mempunyai beberapa sarana penunang. Sarana yang berada di curug indah ini berbentuk toilet umum, ruang parkir yang luas, serta beberapa warung makan. Warung makan yang ada di curug indah ini sediakan banyak bermacam minuman dan makanan seperti soto, mie instant, serta ada banyak lagi.

Pengelola membuat satu bangunan yang berperan untuk panggung atau menara pandang dan sign board. Bangunan ini ada beberapa mtr. di muka air terjun. Kecuali dipakai untuk spot untuk nikmati panorama air terjun yang benar-benar memesona, sebagai spot photo yang bagus.

Bangunan ini diperlengkapi dengan jembatan di atas saluran air terjun Malela. Ini adalah spot paling baru yang baru dibuat baru saja ini.