Uncategorized

Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali

Kebun teh Rancabali sudah beberapa tahun terakhir ini seperti menjadi obyek wisata baru bagi kalangan wisatawan. Berada di salah satu wilayah Bandung Selatan, Ciwidey, kebun teh ini mampu menyedot perhatian para pecinta wisata alam.

Suasana asri berpadu kesejukan kala pagi membuat hamparan kebun teh ini memang layak jadi tempat mampir. Lokasinya juga sangat mudah dikunjungi karena berada di samping jalan raya. Pengunjung tidak perlu repot karena tinggal menepikan kendaraan langsung sampai di kawasan wisata keren ini.

baca juga : Pantai Embe

Kebun teh yang terhampar luas di samping jalan ini merupakan perkebunan teh terluas di Ciwidey. Berada di ketinggian sekitar 1.628 mdpl membuat tempat ini sejuk dan kadang juga bisa sangat dingin.

Suhu rata-rata setiap harinya saja bisa mencapai 20 derajat celcius. Sementara suhu paling dingin bisa sampai di titik 5 derajat celcius. Untuk bisa menikmati suasana sejuk perkebunan teh ini, Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Hanya saja, jika Anda berkunjung bersama sahabat atau keluarga kami rekomendasikan untuk mengagendakan waktu ke pabrik teh yang ada disana.

Cukup dengan membayar 5 ribu rupiah Anda sudah punya  akses masuk pabrik. Sementara jika perlu pemandu, cukup tambahkan 30 ribu rupiah saja. Dijamin Anda akan tahu banyak hal soal pengolahan teh mulai dari pembibitan, perawatan hingga pengemasan.

Perlu Anda ketahui, sebenarnya di wisata ini tidak ada jam buka-tutup. Hanya saja jika Anda ingin jajan dan menikmati kuliner, warung di sekitar lokasi buka mulai pukul 07.00 s/d 17.00 WIB. Jadi Anda sesuaikan saja jam liburan Anda disana.

Alamat kebun teh Rancabali berada di kawasan Patengan, Rancabali, Ciwidey, Bandung Selatan. Lokasi kebun teh Rancabali Ciwidey tidak jauh dari wisata Kawah Putih dan bumi perkemahan Ranca Upas.

Lokasinya yang cukup mudah ditemui karena dipinggir jalan cukup jadi alasan yang membuat tempat ini jadi sasaran pos istirahat. Jalan menuju kebun teh Rancabali memang cukup berkelok- kelok, namun justru itulah yang membuat kawasan wisata ini semakin unik.

Jika Anda dari mana saja arahkan kendaraan Anda menuju Ciwidey, Bandung Selatan. Jika dari Situ Patenggang, lokasi kebun teh ini bisa dijangkau sekitar 1,5 hingga 2 jam. Sementara jika dari bumi kemah Ranca Upas hanya butuh waktu sekitar 8 menit -an.

baca juga : Pantai Labuhan Jukung

Wisata kebun teh Rancabali Bandung selain menyuguhkan kesejukan alami dari pucuk-pucuk daun teh, juga ada fasilitas pelengkap disana lho.

Anda bisa berjalan-jalan di sekitar tanaman teh untuk berfoto bersama. Orang-orang menyebutnya dengan “teawalk”. Anda bisa ber”teawalk” suka-suka namun dengan tetap menjaga tanaman jangan sampai rusak.

Selain teawalk, Anda bisa menyaksikan air terjun mini yang akan menambah kesan asri di sekitar kebun teh ini. Jika Anda lapar atau haus, bisa juga dengan berkunjung ke warung-warung makan dan restoran di sepanjang jalan area wisata.

Sementara itu, untuk Anda yang berencana menginap, tidak perlu khawatir. Sebab, tidak jauh dari lokasi wisata terdapat tempat-tempat penginapan yang representatif. Ada Ciwidey valley Resort, Patuha Resort, dan Legok Kondang Lodge yang bisa Anda booking.

Perkebunan teh Rancabali yang luas tersebut setidaknya hanya mengolah 2 komoditi, yaitu teh dan kina. Jika Anda berkunjung kesana Anda bisa menyempatkan berkunjung ke pabrik teh untuk tahu lebih jauh.