Uncategorized

Kampung Coklat

Kampung Coklat

Tak bisa dipungkiri, selain karena rasanya yang manis, coklat menjadi salah satu makanan favorit banyak kalangan karena manfaatnya yang mampu menenangkan. Setelah Anda berkunjung ke wisata sejarah Candi Penataran, wisata Air Terjun Tirto Galuh dan Pantai Pangi, wisata di Blitar yang satu ini wajib juga Anda kunjungi sebagai tujuan akhir sebagai oleh-oleh.

Jawa Timur terkenal dengan wisata edukasi Kampung Coklat Blitar. Kampung Coklat ini merupakan tempat pembudidayaan buah coklat oleh warga swasta setempat. Di Kampung Coklat daerah Blitar ini Anda bisa menemukan banyak sekali pohon coklat yang siap panen dan sedang berbuah. Anda bisa menyaksikan langsung, cara mengelola buah coklat sampai dengan menyajikannya menjadi coklat siap saji. Di sini pula Anda akan menemukan banyak kios dan cafe mini yang menjual makanan dan minuman yang terbuat dari coklat.

baca juga : Kampung Melon

Lokasi Kampung Coklat Blitar ini berada di desa plosorejo, Kecamatan kademangan, Kabupaten Blitar Jawa Timur. Letak Kampung Coklat Blitar jatim ini menempati kebun coklat seluas 750 meter persegi. Suasana yang diciptakan dari tempat ini sangat khas. Tempat duduk yang dibuat untuk para pengunjung berada di bawah pepohonan coklat. Selain Anda bisa melihat secara langsung para petugas yang sedang memetik coklat, tempat ini cocok juga dijadikan tempat untuk berfoto.

Banyak sekali wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke tempat ini. Tidak hanya pada hari libur, hari-hari biasa pun Kampung Coklat dikunjungi oleh para penikmat coklat. Hanya saja, ketika hari biasa, pengunjung tidak seramai ketika hari libur maupun musim liburan. Anda bisa melihat Kampung Coklat Blitar peta pada ponsel pintar Anda. Atau Anda bisa juga mengikuti petunjuk jalan sebagai peta Kampung Coklat Blitar. Jika Anda akan mengunjungi tempat wisata Kampung Coklat, Anda sebaiknya datang ke Blitar pada pukul 9 pagi. Karena jam buka Kampung Coklat ada pada jam-jam tersebut.

baca juga : Kebon Rojo

Harga tiket Kampung Coklat Blitar Jawa Timur hanya sebesar Rp. 5.000 saja. Dari gerbang depan, akan terlihat bangunan mewah seperti resto elit. Namun ketika Anda sudah memasuki gerbang, Anda akan langsung disuguhkan dengan deretan pohon-pohon coklat yang berderet rapi dengan banyak sekali tempat duduk di bawahnya. Benar-benar unik. Karena lokasi Kampung Coklat ini terlihat seperti kebun yang berada dalam ruangan.

Bagi Anda yang berkenan membawa aneka olahan coklat sebagai oleh-oleh, Anda bisa membeli produk Kampung Coklat Blitar ini dengan harga relatif terjangkau. Harga coklat di Kampung Coklat Blitar berkisar Rp. 9.000. Harga tersebut merupakan harga mentah. Aneka jajanan yang bisa dibeli di kedai coklat mulai dari Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 10.000. Olahan coklat siap saji yang bisa Anda beli antara lain es krim, minuman coklat panas, nasi coklat, mie coklat dan masih banyak lagi.