Berbagai tempat rekreasi,  Gunung Daerah Jawa,  Gunung di Indonesia,  Gunung di Jawa,  Jelajah Wisata Indonesia,  Keliling Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Keliling Indonesia

Gunung Munara

Gunung Munara

Satu lagi tempat wisata alam alternatif yang baru-baru ini ramai diperbincangkan dan tak jauh dari Ibukota. Adalah Situs Gunung Munara yang terletak di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Keberadaan gunung yang konon masih dikeramatkan warga ini berubah menjadi destinasi favorit para wisatawan setelah beberapa diantara mereka berfoto selfie bersama di puncak dan membaginya lewat jejaring sosial media. Situs yang satu ini memiliki dua puncak terkenal dengan ketinggian tidak lebih dari 300mdpl. Untuk mencapai puncak Munara ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam saja dan aman bagi pendaki pemula.

Keindahan alam bebatuan, goa hingga pohon-pohon besar dan berakar yang berusia ratusan tahun akan menyapa siapa saja yang mengunjungi tempat ini. Selain untuk berwisata, kawasan ini juga sering sekali dipakai untuk kegiatan alam seperti rock climbing hingga camping dan penelitian lainnya.

baca juga : Devoyage Bogor

Gunung Munara Bogor merupakan salah satu tujuan wisata alternatif yang mulai banyak dikenal pengunjung, khususnya pengunjung dari daerah Bogor, Jakarta, dan sekitarnya.Gunung munara terletak di desa kampung Sawah, kecamatan Rumpin, kabupaten Bogor.

Tempat wisata alternatif ini cocok untuk anda yang ingin hiking ringan dengan lokasi yang tidak jauh dari Jakarta ataupun Bogor.

Sebetulnya gunung munara rumpin bogor ini lebih cocok untuk disebut bukit, karena memang tidak terlalu tinggi posisinya. Meskipun demikian pengunjung akan tetap dapat menikmati sensasi hiking naik gunung ringan dengan pemandangan yang cukup indah.

baca juga : Curug Ciherang

Hanya dibutuhkan kurang lebih 1 jam untuk naik ke puncaknya.

Selain mendaki gunung/bukit, di tempat ini juga terdapat berbagai petilasan dan goa. Diantaranya goa Sukarno, konon diceritakan bahwa Bung Karno pernah menggunakan goa tersebut untuk bersemedi. Ada juga tempat lain seperti batu tapak si kabayan, batu menara azan, dan juga goa batu belah. Tempat wisata ini terletak di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Untuk menuju lokasi, yang cukup mudah adalah dengan menuju pasar parung terlebih dahulu, lalu ikuti jalan di belakang pasar parung menuju lokasi.