Uncategorized

Gua Embultuk

Gua Embultuk

Gua Embultuk adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Gua Embultuk merupakan sebuah gua yang masih alami dan didalamnya penuh dengan stalaktit dan stalagmit. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Blitar tidak mengunjungi wisata Gua Embultuk Blitar yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Sepanjang kurang lebih 1,5 km, pesona stalaktit dan stalagmit akan membuat Anda merasa betah dengan suasana yang mengesankan, suara gemericik air bawah tanah menambah kesan alami suasana di dalam Gua Embultuk. Panjang gua ini sekitar 1500 meter sedang luas dan tingginya sekitar 3 meter. Anda yang ingin menikmati keindahan di dalam Gua Embultuk ini harus memakai lampu petromak dan juga pakaian ganti.

baca juga : Tangga Seratus

Gua ini ditemukan sejak ribuan tahun yang lalu, yang pertama kali menemukan adalah orang yang sering beraktifitas di gua tersebut, seperti orang yang mencuci, mandi, penggembala kambing, dan yang lainnya. Di dalam gua ini bercabang menjadi 2, yakni arah ke kiri diyakini adalah tembusan dari Gua Embultuk yang berada di desa Sidomulyo dan arah ke kanan menuju Gua Semurup yang berada di desa Tumpakkepuh. Gua Embultuk juga menjadi gua yang bersejarah di daerah Blitar selatan, karena dulunya gua ini digunakan sebagai tempat persembunyian G 30 S PKI pada tahun 1965-1966. Menurut salah seorang warga peralatan PKI pun masih ada di dalam gua, seperti peluru, pawonan, dan lain-lain.

Selain bernilai sejarah Gua Embultuk juga menyimpan sejuta keindahan bebatuan alam, didalam gua Anda akan dimanjakan dengan pesona keindahan bebatuan yang terbentuk menjadi stalaktit dan stalagmit yang menggantung dan menjulang menghiasi gua. Dalam perjalanan memasuki gua Anda harus berhati-hati, karena medan yang dilalui cukup licin dan juga genangan air didalam gua bisa dikatakan cukup dalam oleh karenanya bagi Anda yang tidak bisa berenang dan berbadan tidak cukup tinggi dianjurkan untuk mengenakan pelampung demi keselamatan.

baca juga : Sungai Bingei

Bukan hanya keindahan bebatuannya, Anda pasti akan terkagum-kagum dengan batu yang menggantung dan bisa mengeluarkan bunyi apabila dipukul atau terkena goncangan air di dalam gua namanya adalah batu slendang. Nama slendang kemungkinanĀ  diambil dari bentuk batu yang memanjang seperti slendang.

Selain sebagai tempat wisata alam lingkungan sekitar gua yang masih asri, sejuk, serta jauh dari keramaian juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai untuk menghilangkan rasa penat. Gua Embultuk merupakan satu-satunya gua di Blitar yang menyajikan keunikan stalagmitnya pada para pengunjung. Wisata gua ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak turis, terutama pada liburan sekolah, dan jalan menuju gua ini pun telah direnovasi sehingga dapat dilalui kendaraan roda empat.