Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Keliling Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Nusantara

Danau Situ Gede

Danau Situ Gede

Danau Situ Gede Merupakan tempat rekreasi bagi warga Bogor dimana mereka dapat berperahu, memancing, berpikinik atau jalan-jalan di kerimbuan hutan. Pengelola danau ini juga menyediakan perahu bebek-bebekan dan perahu dayung yang dapat disewa untuk mengelilingi danau. Selain kawasannya yang sejuk, danau ini berdekatan dengan lembaga pusat penelitian kehutanan yang masih bernuansa alam pedesaan.

Keindahan danau dan keasrian pemandangan alam di sekitarnya adalah daya tarik yang ditawarkan oleh . Tak hanya disuguhi oleh pesona Wisata ekologi berupa tumbuh-tumbuhan alami di sekitar danau, udaranya pun sejuk dan segar. Tak heran jika danau ini ramai dikunjungi pada hari biasa maupun hari libur.

Keindahan danau ini sangatlah baik bagi anda yang berada di dekat ataupun jauh untuk merapat berkunjung kesini melepas penat. Pesona keindahan alam danau beserta hutannya yang tiada duanya ini sangatlah sayang jika dilewatkan begitu saja. Selain itu penduduk lokal di kawasan danau ini sangat ramah tamah terhadap anda yang mengunjungi tempat ini.

baca juga : Taman Bunga Nusantara Bogor

Sebelum dijadikan tempat wisata, danau ini merupakan tempat penyimpanan air yang digunakan untuk mengairi sawah di sekitar danau. Keunikan dari danau ini adalah terdapat pulau kecil seluas 1 hektar di tengahnya. Selain itu juga terdapat makam Eyang Prabudilaya yang merupakan tokoh agama Islam yang disegani masyarakat. Makam Eyang Prabudilaya ini masih dianggap keramat dan sakral oleh masyarakat sekitar.

Danau ini juga berperan sebagai hutan penyeimbang ekosistem tanamanan tropis yang tumbuh di sekitar danau cantik ini. Sebagian besar penduduk setempat di kawasan danau menggantungkan hidupnya pada populasi habitat di . Oleh sebab itu dapat anda jumpai masyarakat yang mencari ikan di danau ini.

Di sebelah terdapat Hutan Penelitian Dramaga. Kondisi hutannya terawat dengan baik dengan pohon-pohon yang besar dan menjulang tinggi. Banyak juga pengunjung yang berpiknik di kawasan hutan ini. Di dalam hutan ini terdapat jalan setapak yang dapat digunakan untuk menyusuri hutan. Saat memasuki hutan sebaiknya berhati-hati karena banyak ular tanah dan ular-ular berbisa lainnya.

Di salah satu sisi hutan ini ada tempat penangkaran rusa. Jangan salah, di sini kita juga dapat bercengkrama langsung dan memberi makan rusa-rusa ini. Panorama di danau ini semakin gelap akan menjadi sangat indah terutama saat matahari mulai tenggelam dan langit memerah.

baca juga : Paralayang Bukit Gantole

Bagi yang memanfaatkan kendaraan umum sebagai transportasi, maka dapat naik angkot 03 jurusan Baranangsiang – Bubulak dari Terminal Baranangsiang. Setelah sampai di Bubulak naik angkot lagi ke jurusan . Bisa juga ditempuh dengan naik ojek

Jika berangkat dari Terminal Pancasila di kota Tasikmalaya maka naiklah angkot jalur 04. Setelah turun dari angkot, berjalan kakilah sekitar 1 km untuk sampai di lokasi .

Wisata ini dibuka setiap hari dengan harga tiket masuk sebesar Rp 4.000, sedangkan untuk anak-anak dikenakan tiket sebesar Rp 2.000. Biaya parkir untuk mobil sebesar Rp 2.500 dan sepeda motor sebesar Rp 2.000.