Uncategorized

Danau Pagaran Padang

Danau Pagaran Padang

Danau Pagaran Padang di Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, ternyata cukup mengundang pesona wisata. Namun sayang, danau yang berada sekitar 3 km dari Kotapinang itu masih luput dari perhatian. Padahal letak danau yang berada di pinggir jalan lintas provinsi Sumut – Riau itu, justru aset yang sangat potensial jika dikembangkan. Keberadaannya bisa menjadi lokasi tujuan wisata, paling tidak untuk yang bertaraf lokal.

Menurut pengamatan, danau Pagaran Padang memang tidak terlalu besar. Hanya menyerupai kolam besar kurang lebih 7 Ha. Sehingga dalam kenyataan keberadaannya kurang begitu populer bagi masyarakat. Sejauh ini pengembangan danau tersebut masih luput dari perhatian. Masalahnya, memang Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebagai kabupaten yang baru selama ini terkesan belum terpikir untuk poles-memoles objek wisata. Dus kabupaten ini lebih menonjol daerah perkebunan dan sedikit memiliki objek wisata. Betapa tidak, jangankan objek wisata yang bertaraf nasional, untuk kalangan warga setempat saja jumlahnya sangat sedikit.

baca juga : Goa Batu Cermin

Akibatnya, tak ada yang hendak disodorkan menjadi lokasi tujuan wisata. Labusel mesti cukup puas jadi penonton daerah lain yang terus berpacu mengembangkan potensi wisata daerah masing-masing. Kalaupun ada pemandangan wisata alam yang dapat disuguhkan, tidak lain agrowisata berupa hamparan tanaman perkebunan karet dan kelapa sawit. Tapi ini bukan pemandangan menarik lagi, karena hampir seluruh daerah telah memilikinya. Kendati sulit mencari objek yang dapat dijadikan tempat wisata, tetapi sebenarnya untuk potensi wisata yang bertaraf lokal, masih ada yang dapat dikembangkan. Meski tidak banyak, setidaknya terdapat beberapa lokasi yang tersebar di 5 kecamatan di Labuhanbatu Selatan yang cukup potensial bila dikelola menjadi tempat wisata.

Justru masalahnya siapa berniat mengembangkannya. Sebab dari pihak pemerintah sendiri terkesan belum memperhatikannya. Akibatnya, dari segelintir potensi objek wisata yang telah digandrungi masyarakat masih jalan ditempat, belum punya prospek. Bahkan ada potensi wisata yang pernah dikelola warga dan sempat ramai beberapa tahun silam, kini telah sepi. Salah satunya adalah Danau Pagaran Padang. Danau tersebut beberapa tahun lalu pernah tertata, namun ntah kenapa belakangan terbengkalai tanpa ada yang mengelolanya.

baca juga : Goa Liang Dahar

Menurut keterangan diperoleh, danau tersebut pernah dibersihkan dan ditata. Adalah Kepala Desa Aek Batu pada masa itu bersama warga setempat tergiur melihat danau yang hanya tampak seperti rawa. Dengan gotong royong warga membersihkan areal di sekitarnya. Dengan penataan alakadarnya itu, memang sempat terjadi perubahan. Danau terlihat lebih menarik. Seperti tersedianya beberapa tempat duduk bagi pengunjung. Bahkan di atas danau tersedia sepeda air.

Pada waktu itu, danau itu sering jadi tempat persinggahan orang. Terutama orang luar yang melintas dari Riau ke Sumut atau sebaliknya. Begitu juga kawula muda, khususnya dari Kotapinang sering mendatangi danau tersebut. Namun inisiatif tersebut belum mengarah lebih serius agar danau tersebut semakin dikenal dan dikunjungi orang. Padahal jika dilakukan pengelolaan serius, bukan mustahil akan mengundang pengunjung lebih banyak lagi.